Belajarlah Dari Penjual Kelapa




Hari yang lalu, ketika lagi aku bosan--memikirkan ide untuk menulis fiksi yang sudah sering banget di tagih sama keluarga besar ku, Kakak Preman Romantisku itu, untuk dijadikan buku


Kupikir, mereka mirip dengan para dosenku--yang kalau ketemu --selalu ngasih warning deadline--jangan lupa skripsi, jangan lupa tesisnya mana?


Hehe, 

Sabar ya , 


Kadang seseorang seperti aku ini, lambat paham untuk nemu inspirasi, jadi aku butuh asupan energi,dan selalu meminta doa dari orang-orang dan sama Allah, seperti doanya nabi Sulaiman


"Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh." ...


Bikin aku pengen minum air kelapa--buat mikir buku fiksi apa yang pengen aku tulis, tiba-tiba haus banget dijalanan--nemu lah tempat minum air kelapa, masya Allah banyak banget pelajaran nya


Tentang prasangka dan mengambil kesimpulan 


Karena aku haus banget, aku bersikeras sama tukang penjual kelapanya-- "kasih saya kelapa yang paling gede, saya perlu air yang banyak"


Terus kata dia, "yang gede ini--airnya gak banyak mba"


Aku jawab lagi,

"Gak bisa!, saya mau yang itu, kalau yang itu ya itu " kataku lebay, heran juga moodku, kalau bete yah gitu lah


Akhirnya dia membawakan kelapa yang aku idamkan, ternyata masya Allah--airnya sedikit dan benar kata beliau,


Pilihanku salah, 


Karena aku gak ahli, akhirnya aku seakan menurunkan topi kagumku. Dengan keahlian beliau


"Iya deh, pak--ternyata pilihan bapak yang benar, karena bapak ahli jualan kelapa, heheehe"


Akhirnya mood ku berubah , jadi bahagia--karena nemu ilmu baru lagi--Kalau penjual kelapa selalu memukul kelapa itu artinya bisa tahu yang mana banyak airnya


Mereka harus ahli dalam jualan kelapa, jadi ahli soal memberi kan informasi akurat 


Ya begitulah, orang ahli jangan di lawan, karena kita pasti kalah, hehehe


Gak apalah kalah, mengalah untuk menang itu bagus khan 


Menang nya dimana?


Ya jadi nemu ilmu baru, jangan coba-coba melawan yang kita tidak mengerti, karena hanya prasangka dan tebakan belaka


Karena bener pepatah zaman dulu , "jangan melihat cover buku , karena isinya kadang bisa diluar ekspektasi kita "


Ya kaya aku tadi, 


Mengira kelapa yang ukuran besar berarti banyak airnya , ternyata yang ukuran kecil --airnya melimpah 


Masya Allah


Jadi, ini bikin aku ingat kakak preman romantisku itu--nah khan--ajaran matematika ukuran volume gak menentukan jaminan khan?


Ya begitulah hidup--penuh kejutan yang tak terduga


Tenggarong, 19 Mei 2021


Sahabat Sehidup Sesurgamu


Rohana Permata Sari


Keterangan Photo : ini bunga belimbing wuluh dicampur di air kelapa--kata dewi hughes--bagus buat panas dalam, nah--resep ini termasuk masuk akal karena memang itu sudah terbukti di hidupnya hughes, jadi bisa dicoba!

Comments