Dia Suka Menandaiku

 



Prolog

Ketika Bukumu Di Coret Orang Lain

Aku itu kalau soal buku milikku--bakalan suka bete--kalau ada orang lain,  dengan sengaja menulis di sudut bukuku tersebut

Karena aku cukup--kurang suka dengan tulisan orang lain di buku bacaanku,  soalnya ini tentang ciri khasku,  dan jangan batasi dengan tulisan apapun di bukuku

Mungkin aku seperti pegawai Bank--yang suka ngedumel--kalau ngeliat uang kertas di lipat-lipat,  hehehe

Karena aku sering banget,  diomeli mba-mba teller di bank,  "mba,  uang ini disayang,  jangan di lipat-lipat"

Katanya dulu,  yang bikin aku suka ketawa,  kok beliau begitu sayang sama uang kertas,  dilipat dikit--ngomel cerewet,  hehehe

Ternyata. Aku tahu filosofinya! 

Mirip seperti aku begitu mencintai buku-bukuku,  dengan tidak mencoretnya atau melipat kertasnya,  saking aku sayangnya sama buku-buku tersebut 

Bab 1 Dia Mirip Sailormoon

Orang yang mencoret buku baruku itu adalah Kakak Pertamaku,  yang tanpa sepengetahuanku--menulis namaku dan tanggal aku membeli buku itu,  hehehe

Awalnya kaget,  loh ini tulisan siapa toh? 

Ternyata--aku ingat--dia memang suka menandai apa saja yang dia liat

Mirip seperti Sailormoon,  sahabatku yang suka banget--nulis apapun di buku bacaannya, 

Jadi kalau waktu kecil dulu--suka tukeran buku bacaan--nama dia selalu ada di buku tersebut dan sering banget di coret-coretinnya. Hehehe

Rajin memang,  memberi pendapatnya sendiri di buku tersebut,  mirip buku ajaib yang di temukan Harry Potter--masih ingat gak?, yang setiap tulisannya,  selalu ada kunci jawabannya dan di coret-coret pemilik buku sebelumnya sehingga bikin Harry Potter berhasil menjawab semua pertanyaan Profesornya,  hehehe

Kadang ada orang serajin itu,  dan ada juga orang seperti aku,  yang cuma lenggowo--suka membaca tanpa bertanya,  karena aku suka menikmatinya

Mirip seperti Iklan Sasa yang terbaru--di youtube-- cukup nikmatin aja rasanya,  hehehe

Bab 2 Ini artinya Kode! 

Kakak Pertamaku itu bukan orang yang mudah memberikan coretan di buku ku. Karena setahuku--dia kurang peduli dengan buku apapun yang aku suka

Karena dia sukanya,  selalu memberi hadiah buku kepadaku--buku yang dia suka trus dia kasih ke aku--hehehe

Mirip seperti kisah temanku--dia suka bilang,  "nha,  Kamu itu gak perlu merepotkan diri--membeli barang yang disukai oleh temanmu,  karena yang namanya hadiah itu kamu yang memilihkannya untuk temanmu "

Artinya,  mau sesuka apapun temanmu itu pada suatu barang,  kalau kamu belikan yang lain--itu hak mu

Mungkin seperti itu penjelasannya

Tapi,  aku lebih suka cara Abah-ku dalam memberi kan hadiah--beliau selalu bertanya,  "kamu mau buku apa nak? " biasanya,  karena dulu selalu suka,  kalau ditanya. Mau buku apa? --pasti aku cerewet cerita curcol banyak sama abahku

Yang intinya : komik kayanya bagus,  hehehe

Nah,  biasanya dikasih mentahnya--dan aku langsung cuus--beli buku komiknya

Sayangnya,  Sifat Kakak Pertamaku ini gak mirip sama abahku. Hehehe

Dia lebih suka memberi buku,  sesuatu yang dia suka bukan untuk hiburanku tetapi bagi dia. Kalau dia suka--berarti aku suka juga,  hehe

Padahal tidak selalu khan?  πŸ˜‰

Tapi menurut ku,  ini sebuah kode

Kode yang sangat keras, 

Bahwa artinya dia suka dengan pilihan bukuku dan menginginkanku bisa hapal Alquran

Masya Allah Tabarakallah,  aamiin Ya Rabb

Bab 3 Aku Suka Ngeri dengan Doa Mereka Untukku

Kakak-kakakku yang sering aku sebut Preman Romantis itu--kadang sering bikin ngeri dan ngilu dengan doa mereka untukku

Aku ingat banget--betapa dulu beliau berharap banget aku bisa pindah Kerja setelah 2 tahun mengabdi di Perantauan--dan aku suka bilang--jangan mimpi ka,  itu gak mungkin! 

Ternyata,  kalau Allah bilang Kun Fa Ya Kun,  gak ada yang gak mungkin di dunia ini

Terkabul cuy! 

Jadi kadang--aku suka ngeri gimana gitu,  sama doa-doa Kakak-kakakku itu,  harapan mereka terkabul semua,  padahal satu detikpun aku berani berucap dalam doa sama Allah--gak pernah dan gak berani berharap

Makanya--Kalau mereka berdoa untukku--aku suka menyakinkan diriku sendiri dengan bilang gini,  "Ya Allah,  Semoga aku bisa membahagiakan mereka--untuk bisa jadi penghapal Alquran secara pelan-pelan",  karena aku lebih suka menghapal alquran lewat audio dibanding aku ingat secara visual

Meski sepertinya sulit,  tapi kalau kita ikhlas--insya Allah keajaiban itu ada

Bab 4  Seperti Rabi4--tanda awal untuk belajar

Meski bukan lulusan pendidikan agama Islam dan bukan dari lulusan pesantren penghapal alquran--tapi ada awal untuk berniat belajar di segala aktivitas,  untuk mengenal alquran dan menjadi bersemangat dengan alquran

Karena--impian ini bukan sesuatu hal yang mudah,  kalau kita tidak memulainya dengan selalu optimis dan percaya diri bahwa tidak ada doa yang tak terkabulkan

Bab 5  Aku hanya Jalan Menuju Surga Mereka

Tanda coretan di bukuku itu adalah bukti--bahwa kakak Pertamaku  bisa membuka jalan semangatku--bahwa itu adalah cara dia--untuk bisa menuju surga yang dia inginkan

Jadi,  ketika mulai bosan--melihat tulisannya ada di buku kesayanganku--hati bersemangat kembali

Apalagi--menurut Penelitian--membaca alquran itu bikin kita mudah mengingat dan lebih sehat juga untuk kebutuhan mentalku

Jangan lupa untuk selalu mendoakan ya! 

Salam Manis dariku

Tenggarong,  Rabu-17 Maret 2021

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari

Keterangan Photo :  ada bukti coretan tangannya--berarti itu bukti ia menyukai pilihan bukuku,  terima kasih ya ka--sudah selalu perhatian sama aku yang kadang isi dunia kita berbeda πŸ˜‚

Beda 15 tahun dengan kalian--bikin aku selalu punya dunia sendiri--karena kesukaan kita selalu tak sama --namun kalau soal mimpi--aku selalu mencontoh kalian 

Orang-orang keren --yang selalu mampu memperjuangkan mimpinya,  hingga berhasil,  salut πŸ‘ 

Alhamdulillah 🌻


 

Comments