Bahagianya Ketika Ia Menjadi Dessy Ratnasari

 

Dia ini seperti semanggi,  Limited Edition


Prolog

Kenalin,  nama aku Dessy Ratnasari--sambil senyum cerah tiga jari

Biasanya orang yang dengar itu bakalan tersipu dan tertawa renyah

Ya begitulah --Kalau kakak pertamaku--mengenalkan dirinya dengan percaya diri dan tertawa lepas

Dulu--sewaktu kecil--aku suka ngedumel--kuperhatikan--kakakku ini aneh--suka banget dipanggil Dessy Ratnasari

Aku kira--itu cuma candaan doang pengen seperti selebrity top Indonesia di Zamannya dulu ,  tapi nyatanya dia memang seorang Dessy Ratnasari di perkancahan Keluarga Besarku

Soalnya--dia adalah ketua besar di rombongan para sepupuku,  dan ponakan kesayangan selalu di banggakan oleh kedua Keluarga Besar ku--baik dari pihak Abahku dan Mamaku

Jadi --kalau dia sudah turun untuk bertemu paman dan acil-acilku--maka protokol Pakaian,  Penampilan,  cara bicara dan cara makan--semua diatur di awal pertemuan --seperti di briefing dulu

Biar satu komando,  dan gak boleh keluar dari jalur briefingnya,  hehehe

Pokoknya mirip--seperti protokol Kerajaan Inggris--harus bisa kompak,  dan serasi dari atas kaki sampai kepala


Bab 1 Buah Itu Gak Bakalan Jatuh--Jauh dari Pohonnya

Dia mengingatkanku--ajaran mamaku--dulu sewaktu mau ke kondangan--aku selalu di briefing sama mama--disuruh pake cincin emas, kata mamaku--biar bagus diliat orang dan gak bikin malu--kalau ke Kondangan,  jadi orang yang liat--suka dan merasa kita hidupnya bagus 

Padahal setengah mati,  aku jagain cincin di jariku--takut hilang--dan bakalan diomeli oleh beliau--kalau cincin itu hilang,  hehehe

Tapi baru sekarang,  aku Paham. 

Mamaku itu berdarah Kutai--Nah Kutai Kartanegara Itu--tepatnya di Tenggarong--setahuku memang memiliki tradisi untuk selalu memperlihatkan emas yang dipunyai

Bahkan tak jarang,  aku melihat semua tangan perempuan Kutai yang aku kenal --memakai cincin emas di tangannya

Mirip seperti Kakak Pertamaku--sayangnya,  aku selalu berbeda dengan beliau--meski memiliki darah Kutai--bagiku Emas itu Investasi dan aku lebih suka menyimpan emas batangan bukan emas yang dijadikan perhiasan

Soalnya kalau dijadikan perhiasan,  suka kececer dimana-mana,  dan takut banget kalau sudah hilang,  hehehe


Bab 2 Untung Betuah

Tapi Alhamdulillah -nya,  dihidupku sekarang--sering menemukan emas yang dulu katanya hilang kececer,  dan bahkan kaya keajaiban--bisa menemukannya--padahal sedari dulu--satupun keluarga gak bisa melihat dan mendapatkannya

Mungkin,  itu yang dinamakan "Untung Betuah"

Coba yang suka nonton Upin Dan Ipin edisi terbaru bakalan tahu--arti dari Untung Betuah --karena itu salah satu bahasa malayu

Dan itu aku temukan,  di episode terbaru Ipin Dan Upin yang judulnya : tumbuh rambut

Kakeknya bilang,  "Untung Betuah budak-budak bisa tumbuh rambut'

Nah aku baru sadar--sedaru kecil suka banget dipegang kepalaku sama orang tua zaman dulu,  dan di bilang,  "untung betuah"

Ternyata bisa menjadi kenyataan,  aku yang gak suka sama emas malah sering bantuin keluargaku buat menemukan emas yang mereka sayangin

Kenapa aku gak suka emas?  --soalnya suka keingat dan takut banget punya emas yang banyak--karena aku ingat banget--mamaku itu memang ibu rumah tangga--tapi kalau soal menabung emas --duh beliau sangat teliti dan termasuk ahlinya

Hingga ketika beliau sakitpun,  biaya pengobatan beliau--semuanya dari emas yang sering beliau simpan

Nah,  dari situ juga aku belajar--bagi yang memang mau punya investasi bagus--kalau bisa dari sekarang,  menabung buat beli emas

Kalau aku--mau investasi hidup mirip LOA (Law Of Attraction)  aja, Hukum Tarik Menarik seperti matematika sedekah, 

Kamu memberi berapa ke alam semesta--maka alam semesta kan mengembalikan kepadamu--lebih dari yang kamu sangka

mirip seperti ketika aku mau umroh yang kedua kali--cincin emasku yang berbentuk daun semanggi --kesayanganku banget--aku sedekahkan sama orang di jalanan--random aja,  hehehe

Aku berniat sedekah sebelum umroh--agar nantinya perjalanan umrohku bisa lancar,  dijagakan Allah hingga nanti bisa kembali ke tanah air dengan selamat dunia dan akhirat

Alhamdulillah nya semua doa-doaku sebelum umrah terkabul semua,  aku percaya--ini berkat sedekah cincin emas bentuk daun semanggi kesukaanku

Bab 3 Dialah Emas,  Daun Semanggiku

Kembali ke Dessy Ratnasari ya cuy! 

Iya kembali bercerita tentang Princess Emasku yang seperti Daun semanggi

Kenapa aku suka bilang bahwa daun semanggi itu indah seperti emas--soalnya aku ingat banget--Komik jepang zaman dulu--yang sering aku baca--biasa memberikan daun semanggi yang ia dapatkan dengan susah payah yaitu memanjat gunung yang tinggi kepada seseorang yang ia sayangi di kehidupan nyata--itu benar--daun semanggi berdaun empat merupakan lambang khas Irlandia yang dipercaya sebagai keberuntungan dan kebahagiaan,  yang berarti kepercayaan,  harapan,  cinta,  dan keberuntungan

Aku pikir--sebagai adik bungsu--Kakak pertamaku memang yang paling ngetop--mengajarkan berbagai macam strategi untuk selalu beruntung di dalam hidupku

Meskipun mirip Preman Yang Romantis,  tapi aku suka bahagia--dan tertawa sendiri--mengingat zaman dulu,  dia paling gak suka aku merantau--karena dulu aku sempat di usir dari rumah--karena mau ikut Ujian di Negeri Pedalaman--yang akupun tak tahu--negeri iti seperti apa,  mirip ketika aku memasuki daerah wonderland milik Alice. 

Untunglah--waktu itu aku lulus Ujian--dan semua kakak-kakakku--meminta beliau untuk memberi restu--meski suaranya penuh bergelegar kalau lagi marah--tapi ketika beliau meninggalkanku di bandara untuk pulang--drama mulai terjadi --romantis yang katanya cuma ada di cerpen dan novel itu semuanya ada

Dari air mata yang turun deras,  sms yang tiada henti,  sampai kabari dong--kamu gimana aja disana--lewat media sosialmu juga boleh--ucap meraka yang bangga dengan keberhasilan ku bisa lulus PNS di Provinsi Kalimantan Utara. 

Soalnya aku mikir--mereka ini suka rese sama impian-impianku yang banyak itu,  sampai buku impianku mereka robek segala,  haha

Jadi aku sempat berpikir--mereka ini pengen banget aku bisa jadi PNS--jadi aku harus bisa jadi PNS dimanapun,  dan di belahan pulau di Indonesia pun--akan aku jabanin

Bahkan dulu--aku sering bilang sama Kakakku--kalau di Kalimantan Utara aku gak bisa lulus PNS,  negeri terujung akan aku bidik yaitu Pulau Papua

Ternyata Alhamdulillah Kalimantan Utara bisa tembus juga,  meski dilalui mirip Pertualangan Sherina, hehehe

Dan happy endingnya--aku boleh menjadi apa saja ketika sudah menjadi PNS,  hehehe 

Gak apa-apalah gak jadi PNS di Papua,  ya semoga aja--jodohnya nanti mirip-mirip orang Papua--yang mirip Preman Nigeria Tetapi Hatinya lembut selembut gulali 🍬

Hehehe

Bab 4 Lajang Dan Bahagia

Dessy Ratnasari-ku itu adalah wanita panutanku,  karena dia sosok perempuan yang bahagia dengan status lajang. 

Tidak terobsesi sampai mati haruslah menikah--meski orang lain bilang--umur dan kemampuan itu bisa dan sudah berstatus wajib untuk menikah

Loh,  kok bisa mikir sampai orang itu status nya wajib untuk menikah?,  padahal yang punya diri aja--santai aja dan bilang mohon doa nya dan memang belum saatnya untuk menikah--karena jodohnya belum datang

Bahkan ada yang bilang sesat dan bukan umat Nabi Muhammad, 

Ya ampun,  masa karena belum menikah--di bilang sesat dan bukan Umat Nabi Muhammad,  

Nah yang kaya gini,  jatuhnya bukan memberi nasehat tetapi seperti melakukan penghinaan secara verbal

Mirip kisah seorang temanku,  yang aku ingat banget--dia pernah memberi aku buku--kecil aja sih--tapi bikin aku gak bisa tidur berhari-hari  dan sampai sekarang aku masih ingat judul bukunya,  yaitu berjudul siksa kubur

Aku kaget--ketika di kasih buku itu,  karena kalau aku ngasih kado--pasti aku kasih kado yang dia suka,  dan bisa bermanfaat untuk hidupnya

Tapi ketika ketika dikasih buku siksa kubur- aku jadi mikir--temanku ini sepertinya marah dengan hidupku atau melakukan penghinaan atas hidupku

Aku tahu siksa kubur itu tidak menyenangkan,  apalagi ketika aku tahu--dia memberi hadiah yang  aku gak suka membacanya

Soalnya,  kalau mau berdakwah--carilah hal yang disukai orang sekeliling,  bukan langsung bilang--siksa kubur

Yang kaya gitu,  pastilah bikin orang ilfeel,  seperti wali songo saja--mengikuti kebiasaan orang Indonesia,  seperti kata-kata mukena,  itu hanya ada di Indonesia,  agar memudahkan akrab dengan lingkungan. 

Mudah beradaptasi agar mudah mengadopsinya di Indonesia

Keingat--status Facebook seorang teman--dia mengutip majalah islam yang berjudul--Azab Manusia yang selalu menghina Orang Yang belum menikah di Kuburannya

Nah loh,  ngeri juga khan azab kubur itu,  apalagi yang paling mengerikan--buku yang kita kasih ke orang lain itu tentang siksaan kubur

Kalau aku lebih suka bahasa lembut ketika berdakwah Islam seperti Wirda Mansyur--dia membawa dakwah Islam dengan tidak menjadi seseorang yang mudah bilang--eh kamu surga,  eh kamu neraka. 

Buktinya dengan dakwah lembutnya,  bisa membuat orang tuanya bangga dengan tidak menghaki ending hidup orang lain

Seperti Kakak Pertamaku ini,  setahuku punya impian indah tentang pernikahan,  dia hanya ingin menikah di KUA dan mendapatkan laki-laki sebaik Reno Barrack-nya Princess Syahrini

Amiin ya Rabb,  ya bantu doanya,  bukan malah di nyiyirin,  kalau beliau adalah perawan ting-ting sampai tua--biar itu nyata--lebih baik diam dibanding mempermasalahkan kekurangan orang lain. 

Setahuku--impian apa saja boleh banget--seperti temanku--yang pengen dapat suami seperti Sandiaga Uno,  ya boleh-boleh aja,  toh ternyata dia menikah dengan pria yang sebaik Sandiaga Uno. 

Kalau di bilang,  ya ampun umur segitu kok pengen dapat laki-laki sebaik Reno Barrack?,  emang kenapa?  Salah dimananya? 

Mau mengukur kualitas? 

Pake apa mengukurnya,  data Kuantitatif atau kualitatif? 

Mau pake angka atau data? 

Galz,  yang namanya mimpi itu boleh banget,  setinggi langit juga boleh banget

Tapi ya jangan dinyinyirin--hidupnya gak berguna hanya karena belum menikah 

Kakak Preman Romantisku itu orangnya baik banget,  bijaksana dan kesayangan Paman dan acil-acilku,  Soalnya dia adalah sosok yang mencintai Loyal Organisasi dan Pemimpinnya

Aku suka protes,  sama dia

"Kak,  kok kakak suka ngasih kue sih di Kantor,  khan bikin kue itu bisa bikin kakak cape,  soalnya bangun tengah malam buat bikinnya"

Dia cuma ketawa, 

"Ya gak apa-apa,  ingat ga--cerita abah zaman dulu--kalau beliau memiliki teman-teman yang suka berbagi makanan,  padahal dulu abah miskin,  tapi sering di jamu mirip orang penting"

Aku langsung sumringah.  

Iya juga sih,  sedekah apa aja ke orang lain dengan tangan sediri membuatnya adalah salah satu keutamaan dirinya yang aku jarang bisa melakukannya

Ini yang dinamakan,  meski masih lajang--Allah selalu menempatkan ketenangan dan kenyamanan untuk orang-orang yang rajin bersedekah

Bab 5 Kalau Dia Reno. kalau Aku--Irwan

Aku dulu juga penasaran,  Tipe suami Kakakku yang pertama ini,  yang gimana sih,  soalnya orang-orang yang pernah datang ke rumah,  untuk diajak serius--pasti ada aja yang bikin dia gak suka

Tapi setelah Princess Syahrini menikah dengan Reno Barrack,  ya ampun--setiap hari dia suka banget nonton yang ada syahrini dan Reno Barrack-nya

Soalnya dia bilang--reno itu baik banget dengan keluarga Syahrini--jadi bagus kalau ada laki-laki seperti itu untuk hidupnya

Dulu--aku kira dia becanda bilangnya,  ternyata itu benar --reno barrack adalah orang yang baik kepada keluarganya dan keluarga istrinya

Nah--impian itu biasanya bisa terkabul,  apalagi di doain sama orang-orang sholeh,  hehehe

Seperti aku,  aku pengen punya suami nanti mirip Irwan Murssy-- Mantannya Dessy Ratnasari dan kini menjadi suaminya Maia Estianty

Soalnya Irwan Murssy ini salah satu orang yang bahagia ketika pensiun dan gak pengen punya anak

Impianku sih gitu,  enak kalinya--kalau menikah sehabis aku pensiun dan menemukan orang sebaik Irwan Murssy,  hehehe

Gak apa-apa dong ya,  bermimpi sebagus apapun, Allah pasti bakalan mengabulkannya

Mirip ketika aku sudah pasrah luar dalam. Kalau aku gak akan bisa jadi PNS--soalnya itu adalah permintaan terakhir orang tuaku sebelum mereka meninggal 

Alhamdulillah bisa aku kabulin

Nah,  kalau soal menikah?  Itu adalah hutang-ku terhadap permintaan Terakhir Paman kesayanganku. 

Aku janji. Insya Allah pasti bisa dikabulkan setelah aku pensiun nanti--karena aku juga mau liat--gimana indahnya pernikahan Kakak Pertamaku--yang seperti preman tapi so sweet romantisnya,  hehehe


Bab 5 Dia itu Jiplakan Abahku,  Sang Gajah Mada--Pemersatu Nusantara

Kakak Pertamaku mirip seperti Abahku--kalau sudah bicara--bisa mempersatukan apa yang tadi masih di batas asa

Sampai aku mikir --ini toh alasan kenapa abahku selalu bilang,  beliau itu Gajah Mada--galak tapi setia

Mempersatukan Kerajaan-Kerajaan di Nusantara,  hehehe

Ternyata anaknya juga sama,  apalagi Kakak Preman Romantisku ini selalu disayang bukan hanya manusia--tetapi kucing-kucing,  lucu banget kalau dia lagi pidato sama kucing-kucing,  mirip kaya abahku--galak tapi sering dikasih makanan yang enak-enak,  hehehehe

Kucing-kucingnya memang dari rescue di jalanan. Tetapi makanannya berkotak-kotak whiskas,  aku kagum sama dia

pantas saja,  iya bernama Ida Fitriani--yang kalau aku googling barusan--Ida itu artinya cendikiawan yang cerdas dan fitriani itu artinya gadis yang suci

Masya Allah Tabarakallah 

Sudah cerdas dan suci--ia juga bikin Bidadari Langit Cemburu Pada Ketulusan hatinya πŸ’Ž

Tenggarong, 20 Februari 2021 

Your Best Friend Forever

Rohana Permata Sari


Keterangan photo:

Dia bilang gini,  "nha,  photoin aku dong sambil tertawa--Dessy Ratnasari lagi bahagia nih"

Aku nyengir,  ya ampun--oke lah! Hehe

Tapi setelah aku perhatikan,  wajahnya memang mirip Dessy Ratnasari--dan kecerdasan tawa-nya bikin aku mikir--ternyata senyumnya bisa indah juga,  bikin aku merasa--hidupnya bahagia karena melihat kerja kerasnya memimpin Keluarga agar bisa menjadi something

Alhamdulillah 😊

Jadi keingat film Korea berjudul My Little Brother--yang resensinya sudah aku buat 3 Tahun yang Lalu : πŸ‘‡

https://www.anaatari.com/2018/07/my-little-brother.html?m=1

Kakak Pertamaku ini mirip Seperti Tokoh Utama yang dimainkan oleh Lee Yo Won,  dan adik bungsunya itu mirip seperti aku

Lucu banget kisah mereka,  dan bagus buat di tonton soalnya ada pesan moral untuk kita dalam menyayangi keluarga

Meski kadang kita saling rese--sebenarnya rese itulah yang bisa mendekatkan kita untuk saling mencintai dengan tulus πŸ“Ώ

Meski ini hari Sabtu,  Jangan Pernah Lupakan untuk shalawat ya! 


Comments