Inscure atau Kebutuhan?




 Prolog

Pernah Kurus dan Pernah Gemuk

5 tahun yang lalu--aku bisa kurus sesuai keinginanku--karena dulu memang lagi punya bisnis nutrisi keren dari Herbalife serta sekitar beberapa bulan yang lalu--aku sempat kurus lagi--setelah beberapa tahun dari aku off dari herbalife dan melakukan pengobatan dengan banyak puasa mengikuti pola JSR dari dokter zaidul akbar

Namun--bulan ini--aku gemuk lagi--karena memang lagi punya mood pengen makan aja,  tanpa mikirin diet yang bikin kepikiran 

Bab 1 Kamu Bangkrut di Herbalife? 

Ini obrolan manis dari sahabat ku yang sudah lama gak pernah ketemu --dia bilang--aku itu bangkrut di herbalife

Tapi aku bilang --aku tidak Bangkrut --tapi aku sedang off saja--apalagi beberapa tahun yang lalu aku sakit parah--yang gak bisa fokus lagi di bisnis itu lagi karena biayanya lebih konsen ke biaya pengobatan ku dulu

Namun--aku selalu punya keinginan--suatu hari nanti--aku bisa jualan herbalife lagi,  soalnya disana--pencapainku masih belum terlihat di bisnis itu

Tapi--herbalife itu bagus banget,  dari nutrisi dan sistemnya

Bab 2 Jangan Pernah Menghina Bisnis Orang Lain

Bukan karena kamu tak mampu berbisnis besar di sistem herbalife--bikin kamu menghina bisnis makanan nutrisi itu,  soalnya aku tahu banget--sistem bisnis Herbalife itu di mulai dari bisnis dari modal kecil,  dan keteguhan dalam sistemnya

Aku tak pernah menyesal--kalau targetku gagal di bisnis itu karena dulu sakit parah--sehingga gak bisa konsentrasi lagi dalam bisnis penjualan nutrisi terbaik itu

Karena--itu aku pasti hutangin--maksudnya--kalau aku siap--aku akan kembali ke bisnis nutrisi itu lagi,  soalnya memang nutrisinya bagus dan aku penasaran saja--dengan bisnis keren milik herbalife kalau aku belum mencapai target setiap penjualannya

Bab 3 Insecure Atau Kebutuhan? 

Aku ingat banget--diantara 70 buah mimpiku di buku impianku--mimpi pertamaku itu adalah bisa kurus,  dan itu dulu pernah tercapai 

Namun itu memang sebuah kebutuhanku--karena aku berbisnis makanan nutrisi,  jadi kalau tiba-tiba kamu merasa insecure dengan pendapat orang lain--soal kata-kata : "kamu gemukan ya! "

Atau "jelek banget sih sekarang,  gendutan nih"

Kamu gak perlu sampai insecure atau bikin kamu gak percaya diri sama hidupmu

Soalnya--bikin orang lain suka sama kamu itu--mustahil banget

Meskipun kamu sudah kurus,  pasti ada saja --hal lain yang bikin mereka gak puas dengan hidupmu,  entah gaya bajumu,  gaya dandananmu atau cara berpikirmu terhadap sesuatu

Bab 4 Kalau Itu Kebutuhan,  Perjuangin! 

Tapi kalau kamu pengen kurus--juga gak apa-apa,  bahkan boleh banget--apalagi itu sebagai kebutuhanmu--baik dari penampilan bahkan dari kebutuhan kerjamu

Soalnya kebanyakan orang--di Indonesia--tipikal cantik seseorang itu adalah ketika dia kurus--

Tapi ya gak apa-apa

Kalau kamu kerja di bisnis tersebut,  yang mengutamakan penampilan dan kesehatan --maka perjuangin! 

Jangan banyak mengeluh,  "ih aku gendut",  atau "ribet ya diet itu"

Mending hindari kata-kata negatif sama diri sendiri,  selama kamu butuhin itu,  ya perjuangin! 

Bab 5 Standar Cantik Itu Relatif

Yang namanya standar cantik itu relatif,  gak semua orang sama,  kalau orang lain melihat seseorang itu dari fisik penampilannya yang harus kurus dan secantik bintang Korea maupun perempuan Rusia

Kamu ya gak usah ikutan latah! 

cantik itu relatif

Ada yang mengukur indikator seorang Perempuan itu cantik dari sebuah status pernikahan,  bahkan ada yang bersikukuh kalau bisa jadi pelakor--dia itu perempuan tercantik di dunia

Ah,  yang ginian gak usah di dengar! 

Budaya hidup orang itu khan beda-beda

Menurut mereka cantik,  belum tentu menurut orang lain cantik khan? 

Buktinya seperti aku--dari dulu --gak pernah melihat orang lain dari standar kecantikan yang di bikin media untuk menjual produk bisnisnya

Karena bagiku--yang namanya perempuan itu ya pasti cantik,  kalau ganteng--itu namanya laki-laki,  hehehe

Bab 6 Kamu Enak,  pernah kurus! 

Ya elah! 

Semua orang pernah kurus kali,  kalau cuma pengen kurus--mudah banget

Kamu bisa ikutin tips nutrisi orang-orang sukses di berbagai media sosial mereka,  bisa nutrisi dari herbalife--kamu bisa ikuti Awi Wicaksono--beliau termasuk pembisnis herbalife yang sukses menurunkan berat badan dan menjalankan bisnisnya

Kalau pengen lebih alami--bisa ngintip informasi di facebooknya dewi hughes tentang diet kenyangnya

Atau kalau mau mudahnya lagi--bisa ikutin diet ala dr zaidul akbar--yang lebih menitikberatkan puasa makanan

Pokoknya kalau memang pengen kurus,  ya lakuin aja lah--hal-hal yang kamu anggap mudah buat nurunin berat badanmu

Bukannya malah nyinyir--ah kamu mah enak pernah kurus! 

Semua orang bisa kok buat kurus,  kalau memang fokus di target kurus--pasti bisalah! 

Tapi kalau gak fokus,  jangankan kurus--apapun juga gak bakalan sukses kalau gak fokus,  yak gak galz? 

Bab 7 Ubah Kata-Katamu

Ini yang penting dan kudu kamu lakuin,  ubah kata-katamu

Jangan pernah menyakiti hatimu sendiri dengan merendahkan kemampuan Allah untuk bantu mencapai impian kurusmu

Kalau kamu pengen sukses--ubah kata-katamu,  dan ubah niatmu

Boleh banget sih,  niat kurus pengen lebih bagus berpenampilan--biar sukses ditempat kerja atau ada yang suka sama kamu

Tapi niat itu dilurusin lagi,  biar kamu melakukan sesuatu--bukan karena orang lain tapi memang karena kamu mau lebih sehat dan mudah untuk segala hal

Karena,  aku kenal seorang teman--karena hanya pengen kurus dan dilihat cantik sama sekelilingnya,  bikin dia males makan ketika badannya sakit di rumah sakit

Dia takut gemuk--padahal kalau sakit,  ntr dulu lah mikirin fokus kurusnya,  soalnya makan itu kebutuhan yang utama ketika kamu sakit,  selagi bisa makan--ya makan sajalah--jangan berdiet ketika sakit

Tapi--karena sugesti orang lain lebih kuat di pikiran temanku itu--dia tetap bersikukuh gak mau makan,  hingga kekurangan banyak nutrisi,  yang bikin dia lebih parah sakitnya

Jadi,  tolonglah! 

Jika kamu sedang sakit,  makan ya? 

Jangan berdiet ketika sakit,  karena tubuh yang sakit itu butuh banget nutrisi buat mengembalikan kekebalan tubuhmu

Bab 8 Cintai Dirimu--Meski Kamu gemuk

Sekarang aku masih gemuk--tapi buat membenci diriku karena aku gemuk--itu sama sekali gak pernah terlintas di pikiranku

Bahkan--aku dulu pernah mikir--kalau aku gemuk--gak bakalan ada yang suka sama aku

Tapi nyatanya,  semakin kesini--banyak yang ngajakin nikah--atau pengen kenal lebih dekat ke jenjang yang lebih serius

Cuma--karena aku belum siap menikah--ya biasanya aku diamkan saja,  karena gak baik memaksa sesuatu yang belum bisa disiapkan dengan baik

Apalagi yang namanya pernikahan idamanku--gak pengen banget nyusahin orang lain buat biaya operasional menikah dan biaya hidup menikah,  atau ketika aku belum siap menjalin hubungan dengan orang yang tidak satu visi misi dengan hidupku yang pengen total di bidang kucing sampai akhir hidupku,  dan gak pengen punya anak dari rahimku 😊

Jadi alasan karena kamu gemuk,  gak disukai orang lain itu,  salah banget! 

Itu hanya persepsi buruk sangkamu saja sama orang lain yang menilai dirimu

Kalau pengen ada yang suka,  banyakin senyum dan banyakin sedekah--karena kapanpun kamu mau--yang namanya jodoh--pasti akan datang bertemu juga dengan dirimu--tanpa tertukar dan salah tempat

Bab 9 Kamu Terlalu Sempurna

Semua orang berhak berpikir sempurna dihidup mereka--ada orang yang berpikir dia sempurna ketika dia kurus,  ketika dia sudah menikah atau ketika dia sudah memiliki anak

Atau kalau sudah punya kerjaan tetap,  dan lain sebagainya

Itu boleh-boleh saja--hak segala bangsa berpikir sempurna menurut mereka

Dan akupun suka berpikir sempurna--misalnya ketika aku sudah tidak memiliki ambisi untuk kurus secepatnya lagi,  serta mengubah peringkat pertama di buku impianku--bukan pengen kurus secepatnya lagi 

Tetapi pengen selalu bahagia setiap hari dengan bersyukur atas hidup yang diberikan Allah

Karena kadang kita melupakan pentingnya bersyukur dan hidup untuk hari ini,  hanya karena target masa depan--yang belum datang di hari ini

Jadi, gimana? 

Sudah siap buat bersyukur untuk apapun yang ada di dirimu hari ini? 

Jangan pernah mau kalah--dengan teman-temanku di Rumah Sakit Jiwa,  senyum mereka gak pernah hilang meski mereka kehilangan daya ingatnya--tetapi tidak pernah melupakan untuk tersenyum πŸ’

Bersyukur itu penting! 

Jaminan nikmat Allah itu akan ditambah 

Buktinya mereka selalu bahagia,  setiap hari ganti baju baru dan wangi,  makan makanan gratis yang enak,  bisa nyanyi setiap hari,  bisa tidur dengan nyenyak,  keren khan mereka! 

Mau kamu gendut atau kurus,  yang penting jangan pernah lupakan untuk bersyukur 🍰

Keterangan Photo:

Baju Pink itu ketika jadi maskot Kantorku 5 tahun yang lalu ketika merantau di pedalaman Kalimantan,  dan Photo slayer merah itu ketika 4 tahun yang lalu Umroh gratis ketika ulang tahunku

Yang pasti,  Bikin kurus dan gemuk itu mudah,  asal ada niat dan kemauan. Hehehe 😁

Dan kurangi ngeluh tapi perjuangin biar sukses! 

Tenggarong,  16 Januari 2021 

Sahabat Sehidup Sesurgamu 

Rohana Permata Sari

Comments