Kenapa Aku Di Benci?

Di depan Masjid Cuba



Prolog

(Sudut Pandang Anak Kecil) 


Obrolan manis bersama Ponakanku ketika aku lagi ngedit tulisan blogku di komputer Mama-nya, bikin aku terbang ke-beberapa tahun yang lalu--ketika ada seorang Teman--curhat bahwa dia selalu di benci di Kantor beda dengan aku--yang selalu di sayang. 


Kata Ponakanku-- "itu bukan salah Mami, kok bisa dia di benci sedangkan Mami disayang orang lain? "


Aku cuma mendelik bingung, "entahlah" ucapku pendek


Terus Ponakanku melanjutkan kata-katanya lagi, 

"Sepertinya karena dia yang punya masalah, mi--bukan Mami"


Aku bilang sama Ponakanku, karena di Kantor itu--aku suka cerita soal kebaikan Keluargaku--dari kegigihan Abahku yang suka bantu Mamaku mandiin anak kalau pagi atau kasih sayang Kakak-Kakakku yang mirip bodyguard pribadi-ku. 


Beda dengan dirinya, jarang menceritakan kebaikan-kebaikan Keluarganya karena merasa Seperti korban 


Trus kata Ponakanku lagi, 

" nah, itu masalahnya mi--kalau orang sudah bercerita bagus tentang keluarganya. Berarti dia sudah merasa dekat dengan orang lain beda dengan teman mami itu--jarang bercerita bagus soal keluarganya--yang dengar juga ilfeel, mi "


Aku perhatikan kata-kata Ponakanku--yang beranjak dewasa ini. 


Gak nyangka, dia bisa memberi pandangan yang bijak dan hampir mirip dengan apa yang aku pikir dari dulu. 


Bahwa--alasan orang membenci kita itu bukan karena orang lain--tapi mungkin karena sifat dan prilaku kita yang bikin orang lain ogah mencintai kita


Tapi itu hanya soal Cara Pandang Saja


(Bab 1) Gak Masalah Di Benci


Jadi kalau ada yang benci kita, lalu orang lain banyak disayang, santai aja lah. 


Aku banyak berteman dengan orang yang sering jadi Musuh Masyarakat. 


Yang sifatnya belagu, kasar, memandang remeh orang lain, atau sombongnya tingkat dewa


Biasanya--orang yang seperti ini--aku suka jadikan teman


Bukan untuk menjadi warna yang sama dengannya, tetapi aku ingin memberi warna lain di hidupnya


Aku dekati pelan-pelan, aku dengarkan cara bicaranya dan cara dia menilai sesuatu --dan kadang aku berpikir--anak ini pasti ada baiknya. 


Ternyata benar, biasanya orang yang suka cetus dan kasar sama orang lain--punya kehidupan sedih yang harus kita bikin bahagia. 


Misalnya karena sedari kecil--dia sering di hina guru-nya di hadapan teman-temannya kalau dia adalah murid yang bodoh, atau karena dia jarang bisa bersuara di keluarganya --jadi di Masyarakat suka kasar dan belagu--sebagai balas dendam yang tak kesampaian. 


(Bab 2) Umar Bin Khattab Dan Rasulullah Sallahualaihiwassalam


Karena aku ingat--seorang yang bengis--Preman Kota Makkah yang Paling di takuti Masyarakat seperti Umar Bin Khattab--bisa menjadi berhati lembut ketika menjadi sahabat Rasulullah Sallahualaihiwassalam-- bahkan rasa setia kawannya boleh di adu karena sayangnya beliau sama Rasulullah Sallahualaihiwassalam. 


Kisah Teladan Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam itu patut di contoh. 


Buktinya musuh-musuhku kebanyakan menjadi sahabat terbaikku. 


( Bab 3) Inspirasi ku Dalam Keberanian


Ada yang dulu sedari sekolah--cueknya minta ampun--disapa, aku dicuekin abis--sampai akhirnya takdir bikin aku selalu bertemu dengannya, dan kini menjadi sahabat baikku


Ada juga yang dimana-mana dibenci orang karena kalau ngomong suka belagu, kasar, menghina dan mudah meremehkan orang lain--tapi denganku--dialah orang yang suka perhatian ngasih informasi pekerjaan buatku, bahkan aku pernah kerja juga jadi guru les di rumahnya dan orangnya lucu banget kalau sudah cerita--bisa betah kalau dia lagi cerita


Padahal banyak orang yang gak suka --tapi aku bisa jadi teman nya--karena aku anggap--orang yang seperti ini--gak boleh di jauhin atau dijadikan musuh, karena mereka ini bisa jadi sahabat sejatimu


Membantu disaat kita kesusahan, membela ketika tak ada yang mampu berjuang untuk kita dan berdiri di depan memeluk kita ketika kita bersedih karena kehilangan orang-orang yang kita sayangi


Dan mereka ini bisa dijadikan kekuatan, karena aku terbiasa berteman dengan Seseorang yang berani--sehingga bikin aku berani juga, meski dia gak ada di samping kita. Mereka bisa aku jadikan inspirasi, ketika ada orang yang berbuat zalim padaku. 


Karena kebiasaan kecilku--kalau di marahi--cuma bisa nangis dikamar atau di toilet--tapi ketika berteman dengan mereka--aku jadi belajar untuk membela diriku sendiri ketika tidak ada yang membelaku. 


(Bab 3) Di Benci Orang Itu Tanda Orang Sayang


Kalau banyak yang gak suka kita, berarti itu tanda banyak orang yang sayang sama kita--buktinya sebegitu perhatiannya bilang : "eh--aku benci sama kamu"


Hehehe


Kalau orang gak sayang, ngomong aja ogah--liat mukanya aja gak demen--setiap ada orangnya, kaki pengen kabur aja--males denger dia nyapa kita 😅


Tapi jangan kebanyakan benci juga. Karena biasanya--orang yang suka benci sama orang lain--suatu hari bisa sangat mencintainya. 


Mirip kisah Para Pembenci Rasulullah --bisa di bayangkan mereka bahkan jadi sahabat sejati beliau yang mensyiarkan apa yang di bawa Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam ketika Rasulullah meninggal seperti kisah tobatnya Pembunuh Paman Rasulullah Sallahualaihiwassalam dengan memerangi Nabi palsu


(Bab 4) Kamu Itu Bukan Korban


Jadi kalau ada yang benci sama sifatmu, yakin saja--kamu itu bukan korban. 


Perbaiki diri aja pelan-pelan, karena gak ada yang gak bisa di ubah--batu yang keras aja--kalau kena tetesan air--akan berlobang juga 😊


Jangan posisikan dirimu seperti korban.


Kalau Kata Sean Covey Di Buku Fenomenal -nya tentang 7 Kebiasaan Remaja Yang Sangat Efektif --jangan pernah berpikir reaktif yaitu berpikir negatif tentang diri sendiri dan merasa korban--orang lain terus yang salah akibat kegagalan hidup kita. 


Padahal yang bagus itu--kalau kita punya pemikiran proaktif--mengambil peluang dari masalah kita--trus kita jadikan sumber semangat dan sumber penghasilan 😊


(Bab 5) Masalah Berarti Peluang Sukses


Ingat dong, dengan merek terkenal Body Shop--Pendirinya bernama Annita Roddick yang sukses berbisnis mendunia padahal dia tidak berpengalaman dan menjadikan masalah dihidupnya sebagai mata pencahariannya. 


Seperti Oprah Winfrey yang selalu sedari kecil di diskriminasikan karena ia berkulit hitam dan selalu dirundung kemiskinan dan dikhianati laki-laki, dari situlah ia bertekad untuk menjadi orang sukses karena kecerdasannya dalam akademik dan menjadi pemotivator handal sebuah talk show yang mendunia 


Seorang Walt Disney, yang dulunya hidup serba kekurangan dan semasa kecilnya tinggal di desa, hidup seperti gelandangan hingga ia bisa menjadi seorang tentara yang dianggapnya tentara itu adalah orang kaya, kemudian di sela-sela kesibukannya menjadi tentara, ia suka menggambar apa saja termasuk hewan-hewan yang menginspirasinya sewaktu kecil tinggal di desa, saat ia keluar menjadi tentara, ia memberanikan dirinya menuju Hollywood dengan berhutang pada kakaknya. Meski begitu, ia sering diremehkan kawan-kawan pengusaha lainnya tentang impiannya bisa membangun taman kanak-kanak. Ternyata impian besarnya itu tercapai bahkan karyanya yang mendunia menjadikan ia diingat oleh anak-anak sepanjang masa untuk memberikan kebahagiaan pada mereka.


Nah--orang-orang ini bisa bikin masalah di hidupnya itu menjadi peluang yang bikin mereka sukses. 


Udah lah--gak usah kebanyakan ngeluh sana sini--mending keluhannnya di jadikan tulisan bisa nonfiksi atau fiksi --siapa tahu bisa jadi sumber penghasilan dan inspirasi orang lain


Gak usah lama-lama jadi penonton, coba sekali-kali bikin ceritamu sendiri, siapa tahu bisa di jadikan bisnis--Kisah Keluarga Indonesia itu tiada duanya, dari budaya, kekayaan alamnya, keramahan orang-orangnya, sifat tolong menolongnya, sifat saling kekeluargaannya--bisa di uji sama drama-drama korea dan film barat--gak kalah bersaingnya 🍒


(Bab 6) Ubah Kata-Katamu


Kalau kamu keseringan bilang, "kenapa aku di benci? "

Coba ubah dengan bahasa gini, " seperti nya mereka mencintaiku"


Nah, gitu khan lebih adem di hatimu, 


Gini ya galz! 


Kalau bukan kamu yang jadi sumber semangat bahagiamu, kamu mau minta siapa lagi? 😊


(Bab 7) Gak Semua Orang Suka Sama Kita


Sifatku yang suka belajar sama siapa aja, sering di protes kakakku--katanya--gak boleh tanya-tanya sama orang lain nanti dikira bodoh dan bakalan di remehkan orang lain


Aku cuma tertawa saja. Hehehe. 


Aku suka di bilang bodoh dan suka juga kalau orang meremehkanku


Karena kata Muhammad Assad, Penulis Buku Note Of Qatar--kalau bisa jadi orang itu seperti gelas kosong ketika bertemu orang lain--jadi mudah menerima wawasan yang kita belum tahu dari informasi orang lain


Jadi kadang kalau mereka bicara, suka aku catat--biar ingat--karena belajar itu gak boleh ada batas dinding--sama siapa aja di Semesta ini. 


Kalau di bilang bodoh--ya gak apa-apa, karena biasanya orang bodoh itu yang sukses hidupnya--karena dia mau belajar sampai akhir hidupnya. 


Ingat dong, Kisah Bob Sadino--yang di bilang Bego dalam berbisnis? --buktinya kutipan sukses beliau selalu ada di buku-buku pengembangan bisnis di Gramedia--soalnya semakin bego orang, semakin idenya cemerlang untuk beda dari orang lain


Dan lagi, aku itu bosan di bilang orang cerdas, dan pintar karena nyatanya aku itu bego banget dalam segala hal--jadi harus belajar tiap hari dan sekolah tiap hari di mana aja 😊


Dan kita gak bisa maksain orang untuk suka sama kita--seorang Albert Einstein--masa kecilnya aja pernah di tolak sekolahannya karena di anggap bodoh sama orang-orang--tapi karena kasih sayang Ibu-nya dia bisa bersemangat bangkit dan bahkan menjadi seorang Ilmuwan ternama


(Bab 8) Lebih Suka Memperhatikan 


Jadi kalau ada orang yang benci sama kita--berarti orang itu bakalan lebih suka memperhatikan hidup kita. 


Segala hal tentang kita pokoknya salah terus dan dia benci, apalagi dia suka banget ngepoin media sosial kita


Ya, jangan dianggap musibah kalau dapatin haters yang seperti ini, anggap aja itu peluang besar untuk hidupmu


Karena kalau mereka perhatian, mereka akan kepo dan bisa bikin kamu dapat penghasilan 😊


Salah satunya--doamu bisa mustajab banget dan Haters kalau sudah bertobat gak main-main cuy! 


Kamu bisa di kasih hadiah pahala sama Allah atau dia bisa ngasih hadiah umroh gratis sama kamu 🍒


(Bab 9) Jangan Mau Kalah Sama Orang Gila


Masa karena dibenci orang lain, bikin kamu merana hidup bahkan pengen bikin kamu bunuh diri


Jangan mau kalah sama orang gila--seperti teman-temanku di Rumah Sakit Jiwa-- kerjaan mereka itu ketawa aja, terus senyum-senyum kalau ada yang lewat depan ruang perawatan mereka


Aku suka melihat senyum mereka yang manis. Bikin sejuk liatnya


Mereka itu ciri hamba Allah yang bersabar dan bersyukur. 


Bayangin aja, mereka kadang di buang keluarga di jalan karena kekurangan mereka--atau di beri cobaan berat yang kita gak mampu dapat cobaan itu, tapi mereka tetap bersabar dan bersyukur, jarang sedih, berjuang hidup dan gak merana terus. 


Belajarlah dari mereka, yang kadang dianggap seperti sampah--tapi bagiku--mereka itu seperti berlian--karena rasa sabar dan rasa syukurnya melebihi orang yang mengaku waras di hidupnya tapi gak pernah melihat Nikmat Allah hingga enggan menyiarkannya--padahal Allah meminta kita menyiarkan Nikmat-Nya🍀


Allah Ta’ala berfirman,

وَØ£َمَّا بِنِعْمَØ©ِ رَبِّكَ فَØ­َدِّØ«ْ

“Dan terhadap nikmat Tuhanmu, maka hendaklah kamu siarkan.” (QS. Adh Dhuha: 11).


Salam Manis Dari Aku


Tenggarong, 05 Desember 2020


Sahabat Sehidup Sesurgamu


Rohana Permata Sari


Sumber Tulisan : 

1. Resensi Buku Sean Covey

http://powerofbuku.blogspot.com/2017/01/7-habits-sukses-atau-hancur-tergantung.html?m=1


2. Dari Nol Menjad Pahlawan Untuk Diri Sendiri

 https://www.anaatari.com/2017/03/from-zero-to-hero.html?m=1


3.Makna Menampakkan Nikmat

http://rantingasetemas.blogspot.com/2016/12/tafsirmakna-menampakkan-nikmat-pada.html?m=1 


4. Kutipan Bob Sadino

https://www.google.com/amp/s/m.brilio.net/amp/wow/37-kata-kata-quote-bob-sadino-bikin-anak-muda-termotivasi-2001203.html


5. Kisah Albert Enstein https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/m/index.php?r=tpost/xview&id=2549


6. Kisah Tobatnya Umar Bin Khattab

https://www.google.com/amp/s/sigijateng.id/2019/inilah-kisah-mengharukan-umar-bin-khattab-saat-masuk-islam/amp/


7. Kisah Umar--Raja Tanpa Istana

https://www.google.com/amp/s/muslim.okezone.com/amp/2020/07/18/614/2248327/kisah-umar-bin-khattab-raja-tanpa-istana


8. Blog Penulis Note Of Qatar https://muhammadassad.wordpress.com/author/muhammadassad/page/13/


9. Orang Gila itu Bebas Dari Dosa

https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/01/02/kewajiban-muslim-terhadap-orang-gila/


10. Kisah Tobatnya Pembunuh Paman Rasulullah 

       (Pembunuh yang masuk surga)  

https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/m7m76a


Keterangan Photo :

Kalau lagi sedih--coba terbanglah pada ingatan kecilmu--biasanya kamu mudah bahagia lagi itu karena apa? --misalnya dengan makan makanan kesukaanmu


Bonus Chapter :


Seperti aku--suka cepat bahagia kalau habis makan es krim--soalnya di masa kecilku--es krim itu adalah benda terlarang untuk di makan--karena gak di bolehin sama Kakak-Kakak Preman Romantisku


Soalnya kalau aku sakit, mereka akan di marahi Mamaku karena dianggap tidak bisa menjagaku. Hahaha


Cuma Abahku--yang suka kasih es Krim diam-diam di belakang mereka, uhuuy!


Abahku memang idolaku dah, jadi suka bahagia terus meski tiap hari di suruh Kakakku untuk belajar Matematika 😂


Hingga sekarang, meski di Makkah Sekalipun--yang dicari itu adalah es krimnya, ternyata dingin dan enak bener--ini Photo Candid oleh Kakakku


Kakakku memang selalu suka moto aku diam-diam, kadang bete juga, mereka loh bahagia kalau liat photo aku kedinginan makan es krim 😅


Malah--kalau aku kecil--setiap nangis selalu di photo--nanti kalau aku ngadu sama abahku--mereka cengengesan ketawa. 


Katanya, mukaku lucu kalau lagi nangis


Hadeh, rese--memang mereka 😂


Bonus Chapter 2 : 

Tapi, meskipun mereka rese--aku itu bahagia punya kakak-kakak seperti mereka, mulut mereka itu selalu bilang benci aja sama aku--dan gak pernah di bilang, "aku sayang sama kamu dek"


Yang ada, pokoknya ini salah, itu salah--tapi tindakan mereka sama aku seperti orang yang lagi jatuh cinta, hehehe


Meski gak pintar Matematika, aku selalu bisa merebut hati mereka meski dari ekspresi terjelekku 🐣


Jadi jangan lupa selalu sayangi n orang yang membencimu--dan jangan lupa doain mereka, 


Gini doanya :


"Semoga Kamu bisa jadi orang terbaik di muka bumi ini, aamiin ya Rabb"


🍀

Comments