Pengen Tulisan Iseng-mu Bisa Menjadi Peringkat Page 1 Di Google, Ini Caranya?!

 


Kebiasaan paling menyenangkan bagi aku itu ketika meneliti dan menganalisis blog-blog-ku dari aplikasi google analysis. 


Dari artikel mana yang paling disukai di baca pembaca. Sampai ingin mengetahui--setiap hari itu berapa sih pengunjung blogku. 


Hingga beberapa kali--aku temukan ada yang menemukan blogku dari tulisan lamaku ditahun 2013 yang lalu,  sehingga aku mikir dan mencoba memeriksanya sendiri di google,  judul yang di klik itu--apakah masuk di page 1 milik google.  Ternyata--alhamdulillah--tepat dugaanku. 


Postingan itu,  terbaca dengan orang lain karena kata kuncinya ditemukan di Page 1 milik google. 


Seperti postinganku yang berjudul :  Sedekah Dan Doa Orang Tua 


Nah,  itu tidak beberapa kali saja--blogku meraih Peringkat Page 1 di google--meski tidak mengikuti SEO (Search Engine Optimization)  yang artinya sebuah istilah populer di dunia digital marketing Optimasi SEO dapat dikatakan berhasil jika website kita memiliki Peringkat yang baik pada Search Engine Result Page (SERP)  untuk hasil pencarian organik di Internet. 


Aku kurang paham soal SEO,  karena menurutku lebih baik menulis sajalah--tanpa harus memikirkan peraturan ini dan itu untuk menulis. Kecuali kamu memang mau mempelajarinya,  banyak yang sukses menulis dengan SEO--Salah satunya di maxmanroe.com,  rekomendasi banget--bagi kamu yang mau mempelajari ilmu blog dengan sukses berdasarkan SEO. 


Tapi kalau kamu mau mengikuti cara aku--yang super sederhana--juga boleh banget--ini cara-cara mudahnya :


1. Menulis Saja Tanpa Takut Salah


Kebanyakan dari kita,  suka malas menulis artikel atau blog karena takut salah dan kita anggap kurang bagus dari yang sering kita baca.  


Padahal coba aja dulu--gak usah takut salah--karena setiap tulisan itu pasti ada manfaatnya,  dan pasti bisa menginspirasi orang lain. 


2. Tulis Tulisan Limited Edition


Bikin tulisan Limited Edition itu mudah loh. Gak sesulit yang kita bayangkan.  Yang namanya Limited Edition berarti unik dan cuma kita yang bisa bikinnya,  misalnya kita bisa bikin tulisan tentang pengalaman kita membaca buku kesukaan kita,  atau berbagi informasi tentang kesuksesan yang pernah kita raih meski hanya sukses untuk bersemangat setiap hari--itu berguna banget untuk orang lain. 


Coba deh ditulis. Bermain dengan kosa kata,  jangan lupa banyakin baca,  karena membaca bisa bikin kita menambah wawasan dan tulisan gak monoton. 


3. Jujurlah Dalam Menulis

Kata Orang Bijak--dosa terbesar seorang Penulis adalah ketika ia berbohong ketika menuliskan karyanya. 


Jadi usahain,  jujur aja dalam menulis.  Meski kata-katanya tidak sebagus orang lain,  kalau hati jujur--pasti akan sampai di hati orang lain dengan baik. 


Karena kalau kamu jujur dalam menulis--suatu hari nanti--ketika ada yang menguji tulisanmu--kamu akan bisa menjawabnya dengan santai dan hati yang dingin. 


Keingat Nasehat Dosenku--Kalau kamu meneliti sendiri Skripsi yang kamu tulis--mau malaikat pun yang mengujimu--kamu gak bakal takut--karena memang kamu yang membuatnya. 


Jadi dari situ,  aku mengerti.  Kalau kita menulis apa saja dengan hati yang jujur--suatu waktu tulisan kita bisa di pertanggung jawabkan di masyarakat. 


4. Jangan Mikirkan Peringkat,  Nulis aja dulu! 


Membangun sebuah loyalitas pembaca di website kita itu sangat penting--karena kalau pembaca sudah menyimpan alamat blog kita di bookmark internetnya--bisa dipastikan--akan seringnya mereka membuka satu persatu artikel kita. 


Nah,  loyalitas pembaca itu bukan ditentukan oleh Peringkat di halaman Page 1 Google,  karena mencapai peringkat Page 1 Google itu berarti artikel kita sering dibaca orang lain,  suka di klik pengunjung internet.  Tapi Loyalitas Pembaca ditentukan Kesungguhan dan Kegigihan kita dalam menulis. 


Coba bayangkan,  kalau sehari--kita menghasilkan satu tulisan di blog,  berarti selama sebulan,  ada 30 tulisan di blog kita. 


Nah,  kalau ternyata tulisan kita banyak dan disukai pengunjung Internet--bisa dipastikan untuk meraih Peringkat di jajaran Page 1 Google Itu mudah banget! 


Jadi. Tulis aja lah dulu,  sebanyak-banyaknya.  


Kalau minim ide--coba kamu ingat-ingat dulu--keahlianmu yang bisa dikatakan sebagai pembeda abadi dengan orang lain itu apa?, nah kalau kamu sudah temukan itu,  1 tema yang kamu pikir kamu ahli di bidang itu--maka buatlah tulisan manis tentang hal itu.  


Misalnya seperti aku--kebanyakan orang-orang mengenalku karena suka mainan sama kucing--akhirnya aku buat satu tema di blogku tentang segala hal yang menyangkut Kucing. 


Sederhana sih,  tapi aku suka kaget sama statistik pengunjung di blog kucingku--jarang aku update tulisannya--tapi tiap hari bisa puluhan sampai ratusan orang aktif yang datang dan kembali ke blog mungil itu, yang mereka dapatkan dari pencarian organik di google. 


Jadi usahain menulis aja,  dan yang paling bagus--menulis blog itu usahain satu tema --biar kamu bisa dapatin loyalitas pembaca yang bagus,  kecuali kamu memang ahli bikin blog gado-gado (tema yang banyak) --namun bikin melekat para pembacamu. 


Seperti blogku tentang inspirasi, itu adalah blog catatan harianku bercerita banyak hal yang aku anggap menarik di hidup ku,  


Jadi,  jangan pernah bikin dinding pembatas--ketika kamu sedang menulis di mana saja termasuk di blogmu. 


Nah,  itulah 4 cara sederhana bikin tulisan isengmu bisa meraih Peringkat Page 1 Di Google,  selamat mencoba ya!  Kalau sudah banyak dapat Loyalitas Pembaca di blogmu--jangan lupa di tawarkan sama Penerbit google untuk bisa dapat adsense dan iklan yang banyak di blog sederhana mu 🍀


Tenggarong,  28 November 2020


Sahabat Sehidup Sesurga-mu


Rohana Permata Sari


Sumber tulisan : https://www.maxmanroe.com/optimasi-seo-halaman-pertama-google.html


Keterangan Photo :  ini adalah percobaanku--ketika aku mengetik judul artikel yang banyak di baca oleh pengujung Blog Kucing-ku--tentang Rempah-Rempah Untuk Kucing. Alhamdulillah bisa masuk Peringkat Page 1 Milik Google--padahal tulisan ini baru berumur 1 tahun,  Masya Allah Tabarakallah.

Comments