Cara Memaafkan Orang Lain




Kita pasti pernah merasa marah pada seseorang, dan enggan rasanya memaafkannya--karena kesalahannya sudah melampui batas dari arti kezaliman.


Tapi sebenarnya, itu bukan urusan kita--kalau ternyata dia dengan mudah berbuat zalim kepada kita, yang hanya bisa kita lakukan adalah menenangkan diri dengan memaafkannya dan berbaik sangka dengan takdir--karena setiap pertemuan itu adalah rencana terbaik dari Allah.


Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim." (QS. Al Maidah: 51).


Nah, ini ada cara mudah memaafkan orang lain, yang sering banget aku lakuin--kalau gak sengaja ada orang lain yang bikin bete di kehidupanku, antara lain adalah :


a. Perhatikan Tumbuhan Dan hewan


Loh kok bisa?, dia yang bikin sakit hati--masa memaafkannya hanya dengan memperhatikan Tumbuhan dan Hewan?--gitu khan pikirmu, hehehe


Allah itu menciptakan Tumbuhan dan Hewan itu bukan tanpa sebab, karena memperhatikan Tumbuhan Dan Hewan--kita bisa yakin bahwa banyak tanda-tanda kebesaran Allah pada penciptaanNya.


Misalnya, kaya aku yang suka bete--sama seseorang yang gak paham impianku itu apa?!--jadi dari pada aku memikirkannya terlalu lama, yang bisa bikin penghambat aku menulis--aku suka melihat tanaman sayur Kangkung dan bunga Tapak Dara untuk Kesehatan manusia.


tak lama aku memikirkan, tanaman sayur Kangkung dan bunga Tapak Dara ini saja bisa memaafkan manusia yang kadang tidak memperhatikan mereka--karena dianggap tidak berguna, tapi mereka terus tumbuh--hingga suatu hari ia akan bertemu dengan manusia--yang yakin 100 persen padanya--bahwa mereka bisa membantu kesehatan manusia, 


jadi kenapa aku tidak bisa memaafkan orang lain itu, tanaman dan bunga itu saja yakin--masa aku enggak yakin.


Atau ketika aku memperhatikan burung yang suka makan buah-buahan,  meskipun kita mengusirnya berkali-kali,  dia tetap yakin bersemangat mencari makan buah-buahan itu lagi--hingga kita yang bosan untuk mengusirnya. 


Nah. Begitu juga dengan memaafkan,  jangan sampai bosan--tiru kegigihan burung dalam mencari makan,  semakin kita bosan untuk memaafkan,  semakin rejeki menepis. 


Kalau kata Ippo Santosa --ada 3 D yang bikin rejeki kita makin sempit yaitu Dendam,  Dengki,  Dongkol.   Jadi jangan sampai hal tersebut menghambat rejeki kita ya! Termasuk dalam hal memaafkan. 


b. Berbaik Sangka


Nah, ini adalah kegiatan susah-susah gampang--karena kecenderungan kita--lebih suka berburuk sangka dibanding berbaik sangka--padahal kegiatan berbaik sangka itu menurut Penelitian--adalah salah satu rahasia untuk bisa hidup bahagia.


Kata Orang Bijak, yang suka aku baca di Instagram--coba kita belajar Hidup sama Orang Gila--tak punya rumah, tak tahu hari ini mau makan apa--tapi selalu bahagia. 


Jadi , yang dikatakan Allah dalam Alquran Surah Ibrahim Ayat 4 yaitu  “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”


Ini salah satu ayat Alquran yang aku suka.


Allah sudah memberikan kisi-kisinya kepada kita--kalau kita mau bahagia hidup ini--jangan lupa bersyukur karena kalau kita bersyukur--nikmatNya akan selalu bertambah. Tapi kalau kita mengeluh tiap hari--lama kelamaan Azab Allah akan didatangkannya kepada kita.


c. Pahami, Dia Itu Manusia--seperti kamu juga.


Manusia itu adalah gudangnya salah dan penuh dosa, kalau ternyata dia bikin kamu marah dan enggan memaafkannya--gak apa-apa, 


kadang butuh beberapa waktu bahkan seumur hidup untuk mencoba memaafkan orang lain yang kita anggap sudah tidak memiliki rasa kemanusiaan dengan berlaku tidak baik kepada hidup kita.


Tapi, meski begitu--jangan lupa selalu mendoakannya, karena siapa tahu dari doamu kepada orang yang sering bikin kamu marah itu bisa dikabulin Allah--dan bukankah doa diam-diam seorang saudaranya kepada saudaranya yang lain--akan di aminkan oleh para Malaikat.


Nah, mungkin 3 cara sederhana ini bisa membantu kamu--untuk memaafkan orang yang suka berbuat zalim di hidupmu--teruslah berjuang--karena nanti didalam Surga--gak bakalan ada lagi rasa marah ataupun dendam kepada orang lain.


Jangan Lupa untuk selalu memberi semangat ke orang terdekatmu ya--meski hanya sepatah kalimat yang menyenangkan hatinya.


Salam Manis Dari Aku


Tenggarong, 25 November 2020


Sahabat Sehidup Sesurgamu


Rohana Permata Sari


Keterangan Photo :  Jangan Pernah remehkan keindahan Alam semesta--Untuk bisa bikin hatimu lega dan memaafkan siapa saja. Karena Alam semesta itu selalu bisa menawarkan kebahagiaan kapan saja kamu mau.

Comments