Tips Biar Gak Gampang Sakit Flu

 



Sakit flu itu kadang terlihat sepele,  tapi bisa sangat menganggu rutinitas kamu,  apalagi kalau kamu banyak punya tanggung jawab,  bisa dipastikan banyak yang tak bisa kamu lakuin kembali. 

Tapi jangan khawatir,  aku udah meneliti beberapa bulan ini di badanku,  Alhamdulillah manjur dan aku gak gampang sakit flu meski banyak banget kerjaan fisik yang aku lakuin tiap hari. 

Nah,  ini tips sederhananya,  tapi ampuh banget! 

1. Banyakin Minum

Jadi kalau kamu lagi berkegiatan,  jangan lupa bawa air minum dan banyakin minum,  minimal dari bangun tidur sampai jam 12 siang,  kamu udah minum 2 botol air mineral ukuran 600 ml,  nah nanti habis Zuhur sampai malam usahain 2 botol air mineral lagi dengan ukuran yang sama. 

Tapi kalau kamu aktivitasnya,  lumayan banyak,  hingga tengah malam,  tambahin dosisnya 2 botol air minum lagi,  jadi kalau cape sedikit-usahain berhenti dan minum air putih,  biar darah didalam tubuhmu tidak tersumbat karena banyaknya aktivitasmu. 


2. Gunain masker

Jadi bener banget,  anjuran Pemerintah kalau kemanapun gunain masker termasuk ketika membersihkan rumah,  pekarangan atau kandang binatang peliharaanmu,  agar debu gak gampang masuk di saluran napasmu,  yang bisa bikin penyebab utama imun di tubuhmu melemah. 

3. Selalu sediakan minyak aromaterapi atau minyak kayu putih sesuai seleramu

Jadi,  kalau sudah merasa lelah,  dan mencium bau-bau kurang sedap langsung bisa kamu gunain minyak aromaterapi misalnya seperti safe care atau minyak kayu putih,  itu bagus banget bikin mood dan suasana napasmu jadi normal dan sehat lagi. 

Bahkan,  bagi aku--minyak aromaterapi itu merupakan bagian hal terpenting di hidupku,  kadang kalau pusing dan gak enak badan sedikit --aku kasihin Safe Care--minyak angin aromaterapinya,  udah langsung segar lagi.  Jadi kadang sebulan bisa sampai 5 botol,  karena setiap minggu biasanya suka habis,  dan itu bisa meringankan banget gejala-gejala yang menjurus ke penyakit flu serta daya tahan tubuh yang menurun. 

4. Tidurlah Secara Berkualitas

Jangan biasakan begadang hanya karena kamu nonton video youtube yang bisa kamu tonton kapanpun,  atau cuma ketagihan main games hingga males tidur. Atau Yang lebih bikin gak sehat banget--ketika kamu harus melakukan pendekatan sama gebetan kamu sampai tengah malam bolong.  

Sedangkan besok,  banyak tugas-tugas penting yang menunggu kesegaran dan keaktifanmu biar berguna untuk orang banyak. 

Jadi,  tidurlah dengan berkualitas,  saat bangun--badanmu gak lelah--jangan lupa sebelum tidur baca doa dan hilangkan semua dendam sama orang lain--dijamin esok paginya kamu bisa ceria dan menyambut hari dengan indah

5. Jaga Pola Makan

Jangan keseringan makan gorengan,  atau malas makan sayur dan buah.  Usahain setiap hari,  harus bisa makan buah.  Buah yang lokal aja,  banyak yang murah-murah dan sehat.  Usahain jangan banyak makan gula dan garam,  secukupnya saja

6. Cari Keringat Gak Harus Dengan Olahraga

Kalau lagi males olahraga--karena masa pandemi corona,  yang musti banyak dirumah aja,  dibanding joging dijalan atau fitness di tempat gym,  

Mending berkebun aja dirumah--dengan memanfaatkan lahan sempit perkarangan rumah atau balkon--menanam sayur atau buah seperti kangkung,  nanas,  dan cabe terasa mudah banget,  apalagi kalau kita melakukannya karen cinta kepada tanaman dan lingkungan serta diri kita sendiri,  karena bisa menyehatkan badan,  fisik dan mental. 

Menyenangkan,  bisa menanam apa yang kita makan dan belajar banyak dari proses tanaman yang kita konsumsi sebagai sumber pangan. 

Sehat yang gak bikin bosan khan ya!  

7. Berbaik Sangka Sama Tubuh 

Jadi kalau mulai gak enak badan,  tetap punya semangat untuk yakin bisa sembuh--namun kalau udah lelah banget--usahain istirahat meski sebentar saja,  misalnya meluruskan pinggang,  tidur meski sejenak.  Dan banyak-banyak berterima kasih sama tubuh kamu--karena selama ini udah bagus banget melakukan hal-hal yang bisa bikin kamu bahagia. 


Nah,  itulah 7 Tips Cara Sederhana biar gak gampang sakit flu,  semoga bermanfaat dan bisa bikin kamu terus bisa berguna untuk kebahagiaanmu dan  orang banyak!

Salam Manis Dariku

Tenggarong , 19 Oktober 2020

Sahabat Sehidup Sesurgamu

Rohana Permata Sari

Comments