Cara Mendapatkan Ide Menulis Dengan Gampang



 Aku itu kalau di minta menulis secara kepepet,  pasti yang akan muncul di pikiranku adalah ide yang harus segar dan bikin pembaca pengen dan pengen lagi membacanya sampai tuntas.

Nah,  ini ada rahasia sederhana untuk kamu,  kalau lagi kepengen menulis dan bikin kamu serta pembaca senang lama-lama membaca hingga akhir cerita yang kamu bikin.
Ini tipsnya antara lain sebagai berikut;

1. Ingat Hal Terdekat dari dirimu

Menulis paling menyenangkan itu adalah ketika idenya dekat dengan hidupmu dan nyata pernah kamu rasakan,  jadi tulisanmu akan terasa gregetnya.

2. Selalu bawa Note ketika muncul ide cemerlangmu

Aku suka bagian ini,  karena aku termasuk orang yang suka menulis ketika benar-benar sempurna menurutku,  yaitu ketika moodku lagi bagus,  atau ketika aku merasa apa yang aku pikirkan harus segera di tuliskan karena sangat menarik untuk aku baca kembali
Jadi,  aku suka punya buku tentang ide-ide menulis,  dan biasanya ide-ide menulisku itu aku susun tergantung  jenis tema yang ingin aku tuliskan.
Seperti di blog ini,  ada tag informasi,  ceritaku,  cerpen,  review musik,  review film dan semacamnya.
Jadi pas ketemu pengen nulis,  jadi lancar jaya.

3. Selalu upayakan menulis di jalur yang kamu suka 

Ini sih hal sederhana yang suka di lupain sama orang yang pengen menuliskan segala yang ia tahu dan ia rasakan.
Kebanyakan mereka,  menulis hal-hal yang mereka tidak suka hanya karena mengikuti trending informasi yang lagi aktual.
Sebenarnya bagus kalau kamu punya kemampuan seperti itu,  namun kalau kamu masih suka copy paste lalu di edit beberapa kata,  dari sumber yang kamu baca,  aku bisa pastikan kamu sulit dikenal oleh pembacamu,  karena hampir mirip dengan website yang sering di baca orang lain.
Aku sarankan,  meski tulisan mu tidak sebagus mereka yang selalu uptodate,  kamu bisa memiliki ciri khas sendiri dalam menulis.
jadi tulislah dengan hal-hal yang kamu sukai,  biar tulisan mu gak terbenam dan bikin kamu suka menulis.
Seperti aku,  aku suka menulis dengan bahasa aku bercerita dengan sahabat terdekatku yaitu almarhum mamaku,  jadi ketika beliau sudah gak ada--rasa yang terbenam dihatiku bisa menuliskan apa yang pernah aku rasakan dengan cara aku bercerita dengan hal yang aku suka.
Meski gak ada jaminan,  ada orang yang suka dengan caraku menulis,  aku tetap selalu suka menulis dengan gaya bercerita.

4. Ambil ide dari acara Televisi, atau film-film kesukaanmu

Aku paling suka bagian ini ketika harus menulis,  yaitu ketika aku merasa kurang suka dengan ending sebuah film yang aku rasa suka,  dan membuat cerpen dengan gaya bahasa santaiku dengan ending yang aku suka.
kamu juga pasti bisa,  menulis dengan mengambil ide-ide dari film-film kesukaanmu.

5. Menulis itu menulis,  bukan mengeluh!

Nah,  bener banget itu--yang namanya menulis itu ya menulis,  kurangin deh ngeluh misalnya gak punya komputer atau handphonemu bukan handphone canggih karena suka lowbat.
Coba deh contoh,  penulis terkenal JK Rowling ketika menulis ide tentang harry potter,  yaitu di sebuah tissue.
kamu bisa contoh semangatnya Penulis yang udah super banget,  bahwa fasilitas gak bikin minder dia untuk menulis.
Kalau ada kemauan pasti ada jalan!
Kaya aku dulu,  ketika ada job mengetik tesis S2, aku selalu ke rental komputer,  karena disana lebih cepat ketika aku harus mencetak tulisannya,
Atau ketika aku lebih suka menulis menggunakan handphone dibandingkan komputer.
Karena menulis di handphone terlihat santai,  fleksibel dan menyenangkan bagiku.
Nah,  sekarang tinggal kamu pilih saja,  mau menulis atau mengeluh ketika fasilitas yang kamu perlukan tidak ada.

Nah,  itulah tips mudahnya kamu mendapatkan ide menulis,  jadi gimana sudah menemukan hal yang bikin kamu betah menulis meski gak dibayar sepeserpun,  kamu sanggup melakukannya.
Selamat menulis ya!

Tenggarong, 12 Agustus 2020

Sahabat Sehidup Sesurga
Rohana Permata Sari

Comments