Cara Jitu Menabung Dari Orang Yang Boros




 Hai,  apa kabarmu? ,  hhm..  Cukup lama aku tidak menyapa kalian di blog mungil ini,  karena beberapa lalu banyak hal yang bikin aku tidak menulis lagi seperti pengen total ibadah ketika bulan puasa kemaren,  dan total lockdown di rumah karena masih ada sisa cuti sakitku selama sebulan.
Alhamdulillah,  sekarang aku sudah sehat dan aku kangen menulis,  tentu saja kali ini aku menulis karena beberapa bulan ini aku lakukan hal jitu yaitu menabung dari orang boros sepertiku,  hehehe
Dan hal jitu itu mempan banget,  serta bikin aku rajin menabung dengan caraku.
Kamu pasti penasaran,  masa iya--orang boros seperti ku bisa menabung.
Hehehe.

Jadi dari pada kebanyakan curcol,  ini dia tips sederhananya:

1. Selalu utamakan kebutuhan yang pasti di hidup kalian,  seperti membayar tagihan,  listrik,  air,  internet,  dan sewa rumah

2. Sisakan selalu 500.000 ribu dalam tabunganmu.

3. Jangan lupakan kebutuhan makan kalian,  dan kebutuhan makan peliharaan kalian seperti kucing dll--untuk yang ini bisa kalian tetapkan 500.000 perbulannya

4. Jangan sia-siakan bonus dari kantor untuk urusan pentingmu misalnya bayar sekolah anak-anakmu,  kaya aku selalu menyimpan uang bonus kantorku untuk bayar SPP kuliah ponakanku.  Dan sisanya jangan lupa ditabung.

5. Kurangin nongkrong di cafe,  dan jalan-jalan ke Mall--karena hal Ini bikin kamu belanja barang-barang yang gak kamu butuhkan,  apalagi sekarang lagi virus corona,  bagusnya dirumah aja,  melakukan hal-hal bermanfaat lainnya

6. Kalau lagi kepengen beli gadget baru atau mobil baru,  harus diupayakan,  dengan memaksa diri untuk bisa menabung meski 500.000 sebulan.

7. Jangan lupa sedekah 10% Dari barang yang diimpikan serta jangan lupa shalawat serta istigfar kapan aja,  biar tabungan dunia akhirat mu banyak,  aamin ya Rabb.

Nah,  begitulah caraku menabung,  meski aku termasuk orang yang boros tapi aku yakin boros ku itu ada gunanya misalnya bayarin kuliah ponakan,  memberi makan kucing-kucing yatim, atau memanjakan diriku meski hanya makan es krim seharga 5000 rupiah,  hehehe.

Jadi gunakan keuanganmu dengan bijak ya,  karena uang bisa bikin kamu pusing karena gak bisa mengaturnya tapi kalau pandai menyusunnya,  bisa dipastikan seboros apapun kamu,  kamu tetap bisa menabung untuk membeli hal-hal yang kamu sukai di masa depan,  seru khan!

Tenggarong, 12 Agustus 2020

Sahabat Sehidup Sesurga

Rohana Permata Sari

Comments