Traveling Ke Tarakan





Mau menyepi dari rutinitas yang padat dan pengen menikmati suasana kota ramah dan penuh hiburan laut yang indah.

Kota Tarakan adalah destinasi yang paling keren buat kamu meluangkan waktu dan mencari inspirasi yang menakjubkan.

Mau kesini juga mudah banget. Dari manapun kamu bisa diantar dengan ramah oleh para angkot , ojek maupun taksi khusus bandara.

Beberapa kali kesini. Gak pernah merasa bosan. Karena banyak kuliner yang enak yang wajib banget kalian datangi.

Kadang dulu--hanya pengen liburan dan makan bakpau khas arema di tarakan ini dekat kantor Dispenda Tarakan--aku bela-belain nginap dua hari di kota ramah ini.

Kenapa aku bilang ramah. Karena penduduknya terorientasi wisata banget. Jadi kalau kamu nyasar. Mereka akan dengan mudah membuat kamu kembali ketujuan yang kamu mau.

Hotel-hotelnya juga murah-murah banget. Gak bikin kamu ngabisin uang jalan-jalanmu hanya untuk akomodasi. Karena bersahabat banget hotel disini.

Apalagi kaya aku ini. Travelling dengan budjet yang minim 😁 tapi tetap menyenangkan.

Biasanya aku suka travelling ke tarakan ini ; ketika dulu transit dari luar provinsi karena aku ada urusan dinas.

Dan kelemahanku adalah perjalanan jauh.

Jadi kalau udah naik pesawat 2 kali. Biasanya aku gak mampu untuk naik speed boat ke tanjung selor dari tarakan.

Makanya aku suka nginap. Buat memanajemen badanku agar gak letih dan gak ngedrop. 

Karena di Sana aku hidup sendiri dan merantau. Jauh dari keluarga. Jadi harus benar-benar protektif dengan kesehatan diri sendiri.

Nah, penginapan dan hotel-hotel di tarakan di bawah ini bisa jadi rekomendasi bagi kamu yang baru pertama kali kesana.

Aku ingat banget. Pertama kali nginap di penginapan di tarakan itu adalah penginapan taufiq (harganya dari 80-200 ribu).

Karena saat mau pulang ke Samarinda--pesawatku gagal terbang di bandara kecil tanjung selor. Jadi aku harus lewat bandara besar di Tarakan.

Jadinya aku harus nginap dulu di tarakan.

Padahal uang saku-ku benar -benar ngepas banget. Alhamdulillah ada penginapan taufik yang murah ini. 

Aku ambil yang kamar 80 ribu semalam. Meski penginapan nya bukan seperti hotel yang bagus. Aku lumayan bisa tidur nyenyak. Disini juga disediain Air galon gratis bagi siapa aja.

Untuk jalan-jalan sekitaran kota--kita bisa gunaik angkot, jasa taksi bandara dan ojek online (mungkin sudah ada), karena aku kesana nya di tahun 2014,2015 dan 2016. Dulu gak ada ojek online. Sekarang mungkin sudah ada. Dan bisa memudahkanmu lagi untuk menyusuri kota indah nan ramah , Tarakan City.

Saat di tahun 2015 sampai 2016, suka di beri amanah ke luar provinsi. Jadi setiap mau ke luar provinsi ,aku pasti nginap dulu di kota transit yaitu Tarakan.

Karena, aku khan dari tanjung selor. Musti naik speed boat sekitaran 2 jam. Nah biasanya. Aku suka istirahat dulu di Kota Tarakan satu hari sambil makan makanan kuliner kusuka disini.

Ini beberapa hotel rekomendasi bagi kalian yang suka bertualang dengan budget hotel 100.000-400.000 perhari.

1. Padmaloka Hotel (331.000)

Ini hotel diberi tahu teman perjalanan bahwa hotel ini bagus. Karena saat kedua kali ke tanjung selor. Dan pesawat kembali cancel. Aku dan temanku itu tidur sekamar disini. Dan bagi dua uang hotelnya. Jadi lumayan irit. 
Maklum kemaren , belum dapat kerja dan jadi pencari kerja di kalimantan utara. Pulang dari tes ujian PNS disana. 

2. Sakura Hotel (186.000)

Hotel ini hotel favorit bagi aku. Yang suka tempat yang minimalis. Yang penting air lancar,toilet bagus. Kamar bersih , dan ada AC. Bungkus. Ini hotel yang ciamik bagi kamu yang suka jalan-jalan dibanding tiduran banyak di hotel. Karena ruangannya sempit dan tidak ada sarapan. Jadi kalau mau nginap. Harus ke warung dulu beli air meneral dan snack maupun roti biar gak kelaperan saat malam.

3. Lembasung Beutique Hotel (281.000)
Hotelnya unik, dekat dengan rumah sakit umum Tarakan. Dan kamarnya bersih. Dengan budget yang murah ini kamu ngedapatin AC, sarapan , resepsionis yang baik. Dan paling keren. Hotel ini udah bekerja sama dengan www.booking.com jadi kamu bisa pesan disana dulu. Bayarnya pas datang. Seru di hotel ini.
Kalau ke hotel ini. Bagusnya pakai transportasi selain angkot. Karena angkot jarang masuk ke wilayah ini.

4. Segiri Tarakan Hotel (364.000)
Saat kesini ; hotel ini baru banget bukanya. Jadi memang lagi bersih dan nyaman hotelnya. Seperti hotel kelas bintang. Karena toiletnya bagus. Ada pemisahan ruangan basah dan kering. Tempat tidurnya juga besar ada AC dan televisi. Setidaknya dengan budget 360-an ribu. Hotel ini layak rekomendasi bagi kamu penyuka tempat yang bersih,wangi dan nyaman di kantong.

5. Penginapan Taufiq (80.000)
Ini penginapan yang aku ceritain diatas tadi dengan budget yang paling murah. Yaitu 80.000 satu malam.

Air bersih ada , kipas angin ada, kasur juga ada. 
Tapi penginapan ini jarang di update soal cat dinding yang penuh tulisan artistik para penginapnya hehe. 

Kaca Jendela yang kadang lepas dan pecah. Serta angin-angin toilet yang terbuka lebar yang bisa rawan terlihat orang di hotel besar samping penginapan Taufiq nya.

Tapi tenang aja. Ini bisa kamu atasi dengan selalu membawa klip hitam atau klip jemuran. 

Serta kamu bisa beli beberapa koran bekas di samping penginapan ini. Ada toko china. Yang ada jual koran bekas. Nah kamu bisa perbaiki jendela serta angin-angin toilet (ini pake lem isolasi hitam) itu sementara dengan mengklip dengan koran bekas. Agar tikus dan angin malam tidak masuk. Dan aman untuk mandi sehingga tidak di lihat orang lain.

Meski begitu penginapan ini selalu ramai pengunjung karena murah dan selalu menyediakan air minum bersih di galon-galon serta  dikamar.

Penginapan ini cocok bagi kamu pencinta travelling . Yang banyak di luar hotel dibanding di dalam hotel.

6. Hotel Milia Tarakan (417.000)
Suasananya cantik dan hotelnya juga bersih. Sarapannya juga enak.
Kemaren nginap di hotel ini karena saran dari teman. Jadi nginapnya bagi dua. Gak berat di ongkos. Karena harga hotel ini mirip dengan harga hotel swissbell. Tapi seperti dengan harganya. Kualitas nya juga seimbang. Dan berada di pusat kota. Jadi kalau nyari makanan. Gak ribet. 

7. Galaxy Hotel (425.000)
Kemarin pas nginap di hotel ini karena pengen nyoba hotel baru. Ternyata memang hotelnya mempunyai standar yang bagus sebagai hotel yang baru. Meski harganya lumayan mahal. Harga sesuai dengan pelayanannya. Kemarin saat nginap di hotel ini; dapat banyak voucher gratis. Jadi lumayan suka. Sarapannya juga enak. Dan kamarnya juga unik. Minimalis namun mewah.

Gimana dengan reviewnya, berminat travelling ke Tarakan? Dengan harga akomodasi hotel 80.000- 400-san ribu.

Semua banyak pilihannya.

Jangan lupa saat traveling, catat tempat-tempat yang pengen kamu datangi. Biar dengan begitu bisa memudahkanmu jalan-jalan dengan tanpa rasa lupa.

Selamat jalan-jalan ya sahabat.

Your BFF, 
Best Friend Forever

Ana Atari






Comments