Skip to main content

Posts

Showing posts from 2018

Kepiting Asam Manis Paling Greget Di Tenggarong

Tulis Sendiri Sejarahmu

Aku sering dengar keluhan tentang betapa sulitnya hidup ini, ada mengenai keluhan tentang mimpi yang di curi orang terdekat atau impian yang tak bisa terjadi Karena tidak sesuai dengan kita harapkan

Curhat dari berbagai macam kondisi dari yang pernah aku temukan itu, bikin aku merasa harus membuat tulisan ini.

Karena kita gak boleh banget bilang hidup ini sulit karena hidup ini kita yang menentukan sendiri kemana inginnya

Dalam artian, sejarah hidupmu adalah bagaimana caramu menuliskan sejarah itu sendiri

Misalnya nih,  kamu udah bete banget sama suamimu yang suka mukulin kamu,  suka selingkuh, atau jarang menghormati keinginanmu bahkan membakar semua ijazah pendidikanmu serta melecehkan keluargamu.

Terus apa keputusanmu?  Diam saja dihadapkan nya dan mengeluh ke sana kemari di belakangnya.  Itu saja, yang kamu bisa?,  came on!

Sejarah itu, kamu sendiri yang membuatnya.

Apa sih susahnya ke pengadilan agama, meminta cerai secara baik-baik.  Tanpa harus membuka aib suamimu sendiri kepa…

Semua Untukku

Hari ini hari jumat berkah. Banyak-banyak bersedekah ya.

Sama siapa aja. Boleh yang miskin, boleh pula yang kaya. Boleh sama yang muslim, boleh juga sama yang kafir (yang tertawan hatinya / yang tertutup dari kebenaran)

Meski banyak yang protes. Harusnya kita bisa mencontoh Teladan kita, Rasullallah Sallallahu Alaihi Wassalam dalam bersedekah.

Beliau tak pernah membedakan kepada siapa pun beliau bersedekah.

Jadi keingat, dulu aku suka sedekah jumat dengan orang yang ada di dekatku, tak terkecuali teman kantorku baik dari staf hingga pimpinannya.

Suka beli nasi bungkus atau kue-kue seharga 100.000-150.000 setiap jumat.

Tak lama ada salah satu orang di kantorku yang protes dengan apa yang aku lakukan.

Dia tidak suka aku bersedekah kepada orang-orang kantor karena dia bilang mereka itu orang-orang kaya

Aku cuma bilang untuk membuat dia reda untuk berkata itu terus dengan bahasa yang mudah ia terima.

Semoga aku bercerita seperti ini dijauhkan dari sifat riya dan ujub. Karena cerita seper…

Mereka yang melamar

Ini kisah Mereka yang pernah melamar
Kabanyakan udah nikah semua sekarang. Hehehe

Tapi aku pengen cerita ini.  Sebagai hikmah dan pelajaran hidup yang bagus untuk diriku dan orang lain yang membaca tulisan ini.

Pertama kali dilamar, oleh teman diskusiku yang sudah memiliki hubungan yang baik selama dua tahun, abahku nerima dan sayang sama dia.  Karena dia berani datang sendiri ke rumah saat memintaku.  Cuma, dia belum mampu berteman dengan kakak-kakakku, hehehe. Dan hubungan kami menjadi kurang baik sehingga lambat laun, dia tak pernah aku temukan lagi.

Kedua kali di lamar, oleh sepupuku dari pihak ibu, yang melamar ibunya.  Kakak-kakakku setuju.  Sayangnya, aku kurang berminat untuk menikah. Karena sedang melanjutkan kuliah  dan konsentrasi menghidupi diri sendiri dan keluarga. Akhirnya aku dengar, tak lama dari penolakan halusku, ia menikah.  Tapi aku orang yang baik.  Aku datang ke pernikahannya.  Dan mendoakan yang terbaik untuk dirinya dan keluarganya.

Ketiga kali di lamar, oleh…

Manusia Dalam Kesendirian

Seorang teman pernah bercerita bahwa ia beruntung memiliki suami karena suami menjadikannya mempunyai kemuliaan dihadapkan orang lain.

Ada pula seorang pengajar yang aku kenal, ia sedikit bercanda bahwa perempuan yang telah lulus kuliah belum menikah bisa datang menghubunginya agar ia bisa menikahi perempuan itu karena sayang bibit secerdas itu di sia-siakan.

Lalu ada salah satu tamu yang pernah berkunjung kerumahku menawarkan seorang laki-laki yang menurutnya cocok denganku, ia pernah berkata-sebaik-baiknya tempat sholat wanita itu adalah di rumah bahkan kalau ia sholat di masjid, ia harus berada pada ruangan tertutup dan tak dilihat para lelaki manapun

Ada lagi yang paling kontras, ulama nasional tersebut berkata bahwa orang yang enggan menikah berarti hanya ada dua kemungkinan, kalau tidak ia sering berzina, berarti ia memiliki penyakit menular.

Aku hanya bisa geleng-geleng kepala sambil menghela napas yang dalam.

Tak kusangka.

Ternyata sifat setan itu lebih mengerikan ketika ia b…

Ketika Wanita Sebagai Pencari Nafkah

Aku kadang heran.
Dengan opini yang menyebutkan bahwa wanita adalah seseorang yang harus di beri nafkah.
sehingga jika wanita itu tidak diberi nafkah oleh siapapun maka wanita itu adalah manusia yang merugi.

Setahuku, dari pendalaman ilmu agamaku yang sangat minim ini.
yang namanya Manusia Merugi adalah Manusia yang rajin meminta-minta, namun berfoya-foya akan dunia dan perhiasan yang ada di dalamnya.

Jadi jika ada wanita yang tidak meminta nafkah kepada siapapun, ini dinamakan wanita yang beruntung, karena wanita yang seperti ini adalah wanita yang tidak berharap selain kepada Allah saja. Wanita yang seperti inilah yang nantinya akan dirindukan Surga, karena tidak memberatkan siapapun ketika ia masih hidup.

Aku kenal dengan seorang wanita yang bekerja untuk menafkahi dirinya sendiri, karena memang beliau tidak menikah , namun setiap harinya beliau selalu memasakkan makanan kepada pegawai-pegawainya secara ikhlas. Kadang kalau lagi weekend, beliau suka bikinin puding dan kue-kue yang enak--…

Sederhananya Muhammad Sallahualaihiwassalam

Air mata mengalir deras
Saat membaca artikel tentang kesederhanaan Nabi Muhammad Sallahualaihiwassalam

Beliau memakan roti gandum pun tak pernah karena begitu seringnya memberi kepada orang lain

Bahkan wajah beliau sering terlihat cemas, ketika ada sepotong emas di dalam rumahnya yang belum ia sedekah kan.

Beliau sama sekali bukan miskin.  Namun beliau menjaga dirinya agar tidak menjadi kaya. Karena beliau ingin menjadi miskin sampai akhir hayatnya.  Dan dikumpulkan di akhirat nanti bersama orang-orang miskin.

Baca Juga : Muhammad Sallahualaihiwassalam

Karena orang miskin adalah orang yang sedikit hisabnya dari orang kaya.

Masya Allah.

Semoga aku pun begitu.  Di jadikan Allah sebagai orang miskin yang gak punya harta dan bisa di dekat kan bersama Nabi Besar Muhammad Sallahualaihiwassalam, aamiin ya Rabb.

Ya Allah hidupkan aku dalam kondisi miskin, matikan dalam kondisi miskin, dan kumpulkan bersama orang-orang miskin, amiin Ya Rabb

Muhammad Sallahualaihiwassalam

Muhammad Sallahualaihiwassalam
Siapa dia?

Dia adalah pahlawanku.
Penyejuk hatiku
Karena dia, aku bisa mengetahui keberadaan nikmat Allah yang tiada duanya

Muhammad Sallahualaihiwassalam
Siapa dia?
Dia adalah pahlawanku
Yang menyebarkan kebaikan dikala kejahatan merajalela

Muhammad Sallahualaihiwassalam
Siapa dia?
Dia adalah pahlawanku
Ketika dulu aku mendapatkan gangguan sihir dari dukun dan setan laknatullah, beliau membantuku
Aku tak ingin membunuh diriku dan tak ingin meninggal kecuali dijemput oleh beliau.

Muhammad Sallahualaihiwassalam
Siapa dia?
Dia adalah pahlawanku
Yang akan membela umat nya hingga seluruh umatnya harus masuk surga.  Masya Allah.  Baik sekali hatimu ya Rasulullah Sallahualaihiwassalam

Muhammad Sallahualaihiwassalam
Siapa dia?
Dia adalah The Last prophet
Nabi Terakhir, yang sebelum kedatangannya, seluruh ahli kitab yahudi tahu keberadaannya.  Karena mereka lebih tahu Muhammad itu Nabi terakhir dibanding anak mereka sendiri.

Karena kehadiran Rasulullah Sallahualaihiwassalam, mereka b…

Draw My Life

Hai.  Ketemu lagi denganku.
Pagi ini, aku mau bikin tulisan versi draw My life

Menggambarkan hidupku dengan penjabaran tulisan

Tulisan kali ini agak singkat dan gak sepanjang tulisan sebelumnya, tapi aku harap, kalian menyukai nya hehehe

Aku adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara, 4 kakakku meninggal saat masih bayi karena sakit, untunglah saat mamaku melahirkan aku yang terakhir, bisa selamat meskipun dokter bilang aku dan mama gak bisa diselamatkan dan harus memilih salah satunya agar bisa hidup

Tapi abah ku, memilih kami berdua.  Bukan salah satu untuk hidup.  Aku lahir sebagai anak hajat dari kedua orang tuaku dan sebagai pelipur lara mereka karena anak yang ditunggu tunggu selama ini bisa hidup dan lahir dengan selamat

Aku tumbuh menjadi anak kesayangan seluruh keluargaku.  Terbiasa apa saja keinginanku pasti dikabulin orang tuaku dan kakak-kakakku.

Hingga saat aku besar, aku mulai sedikit risih dengan perhatian yang banyak dari mereka.  Mereka seperti bodyguard ku saja.  H…

My Family Is My Best Friend

Aku Bertekad.
Gak pengen pake hape lagi.  Karena lagi belajar manual karena udah berada di akhir zaman,  sehingga mau membiasakan diri tanpa memakai Handphone. 
Meskipun banyak komentar yang masuk sebagai saran dan kritik padaku.  Karena sulit untuk menghubungi atau sulit tahu akan keberadaanku. 
Aku selalu berkata dengan santai.  Jika aku ada masalah, aku tak akan pernah menelpon siapapun, selama aku masih bisa mengatasinya sendiri
Seperti kemarin, ban motor ku bocor.  Atau saat aku harus berjalan kaki menuruni gunung perbatasan antar kota.  Karena takut licin, jalanan saat hujan. Aku sama sekali tidak menelpon siapapun. 
Padahal hape ku masih ada saat itu. 
Namun, beberapa waktu yang lalu.  Tanganku sempat sakit karena keseringan main handphone, akhirnya aku putuskan menjual hapeku itu dan membeli sebuah obat yang cukup mahal. Untuk mengobati rasa nyeri di tanganku. 
Untunglah, tanganku sudah mulai membaik.  Meski masih suka kram kalau aku sering menulis
Dan hari ini, aku bisa nuli…

UZMA

Air mata mengalir.

Mendengar ceramah Ustad UZMA ( Ustad Zulkifli Muhammad Ali) tentang Akhir Zaman, Silahkan Buka

Indonesia dalam kebangkitan ketika bendera Indonesia berada diatas setelah bendera Palestina, karena mereka yakin bahwa Indonesia akan mempunyai peran penting di Akhir Zaman , Masya Allah.

Pagi ini semakin bersemangat

Terima Kasih udara yang indah, Terima kasih air yang segar, the beautiful day.

Allahu Akbar