Tanda-Tanda dia Bukan Jodohmu

wuahh... berat kali ini ceritaannya. Soalnya tentang cinta dan jodoh.  Saya yang suka seneng sama orang pun sering berpikir inikah cinta itu, apakah ini yang dimanakan cinta. Ataukah berbicara tentang jodoh, sesuatu yang unik.
Yang semesta seakan mendekatkan seperti magnet. Selalu bertemu. Meskipun berkali-kali menghindari.

Tapi bagaimanapun, kita tetap musti jujur sama hati dan akal logika, jika memang dia membuat kegiatan berkah berupa mencintai orang lain itu menjadi meresahkan, bisa dipastikan. Dia bukan jodohmu.

Yuk, kita bahas sederhana dari pengalaman saya maupun teman-teman saya tentang pertualangan jatuh bangun mencintai seperti Maggie Z, yang jatuh bangun dangdut, hehehe.

Ini dia tanda-tandanya, kenali dan diangnosa secepatnya sebelum patah hatimu semakin sulit buat di sambung lagi, cekidot :

1. Dia mengacuhkan kita

Secara umum, yang namanya orang saling menyukai, adalah memberi perhatian bukan mengacuhkan. Dan seakan kita merelakan waktu menunggu balasan sms ataupun telpon , WA maupun BBMnya yang tidak dibacanya.

Kita harus cukup peka, beri deadline, sampai kapan dia bisa berbuat seperti itu dan sampai kapan kamu bisa memaklumi sesuatu cinta bertepuk sebelah tangan. Sia-Sia.

2. Dia mudah meremehkan mimpi-mimpi kita

Seseorang yang respek akan hidup kita , pasti secara tidak langsung akan respek pula dengan harapan-harapan hidup kita, berupa mimpi-mimpi besar kita. Dia tidak menertawakan apalagi menyipitkan sebelah mata, ialah sosok pahlawan yang menyemangati kita jika di dunia ini menolak kehadiran impian-impian kita.
Jadi, jika lelaki itu mudah meremehkan mimpimu dan seakan mimpimu bukan sesuatu yang pantas diperjuangkan. Apa dirimu masih mau bersama seseorang yang tak pernah mendukung motivasi terbesarmu dalam hidup?
Itu pilihanmu jika kamu masih mau hidup bersamanya, dan janganlah tidak bersyukur dengan kehadirannya jika ia ternyata pencuri mimpi-mimpimu.

3. Dia tidak mau belajar mencoba memahami bahasa hatimu

Biasanya seorang wanita tidak suka mengutarakan maksud dari keinginan hatinya, ia pasti berputar-putar menggunakan bahasa hati yang dia inginkan dapat di mengerti oleh lelaki kesayangannya. Meskipun endingnya, pasti tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kedua belah pihak komunikasi yang hanya mementingkan kalah dan menang. Bukan mencari solusi maupun jalan tengah sebagai kompromi, sama-sama menang dan sama-sama senang.

Nah, jika laki-laki yang dekat dengan mu sekarang mampu memahami apa maksud bahasa hatimu, pertahankan dirinya. Dan jika laki-laki yang mencoba ingin serius hidup denganmu dijutekin tetap bersabar dan membalasnya dengan candaan yang manis, maka pertahankanlah.

Jika tidak, lebih baik. Kamu pikirkan baik-baik. Hubungan yang sehat adalah hubungan saling memahami bukan hubungan yang berat sebelah.

4. Dia tidak membebaskanmu untuk berkreasi, dan berekspresi

Seseorang yang mencintai kita tulus adalah seseorang yang memantau kita dari jauh tapi tidak mengekang kebebasan kreasi maupun ekspresi kita pada dunia, dan tidak memaksakan kehendaknya agar kita patuh apapun keinginannya tanpa kompromi,

Lelaki yang baik ialah ia akan berperan seperti langit, memantau indah, namun seperti menyelimuti kita dari kesedihan, kehilangan arah. Ia bagai pemilik peta hidup kita. Ia tahu kemana diri kita jika bersamanya dibawa kearah mana.

Lelaki yang baik pula tidak mencoba merubah kebiasaan kita secara signifikan, ia bahkan membebaskan kita berlaku seperti apa, karena ia yakin bahwa kita bisa menjaga kehormatan dia dan diri kita bersama keluarga dengan keputusan apapun yang kita pilih.

Jadi ketika ia dengan mudah mengekang dirimu. Tak boleh ini dan itu tanpa kompromi  , jujurlah. Dia bukan sahabat hatimu yang bisa dibawa sampai akhir zaman, kecuali dia bisa berubah sesuai kompromi yang kalian komunikasikan bersama, jika tidak bisa. Maka tinggalkanlah.
Hatimu berharga, jangan dibuat permainan seorang anak laki-laki yang menganggap hati wanita adalah permainan Robot-Robotnya.

5. Dia mudah sekali cemburu akut

Setahu saya, seseorang yang mudah cemburu adalah seseorang yang tidak percaya diri akan kualitas dirinya.
Ia adalah seseorang yang rendah diri. Minder dan tak percaya bahwa orang yang menyayanginya tak akan berpindah hati ketika ia sudah mengucapkan sebuah komitmen dalam proses pendekatan maupun proses perjalanan cinta yang serius.

Cemburu akut membuat diri kita menjadi seseorang terdakwa yang harus berada di dalam penjara kaca mata paradigmanya, tidak boleh berdandan, tidak boleh pake baju bagus, tidak boleh berteman, tidak boleh bermain internet, tidak boleh menulis curcol di media sosial, gak boleh temanan sama cowok-cowok dalam sosial kita.
Hhhmm.. ini sydrom yang akut dibanding sydrom bipolar. Karena memposisikan dirinya sebagai hakim yang tahu apa saja kebahagiaan kita.
padahal hakim terbaik di dunia semesta ini, Allah yang Maha Mulia, gak pernah memaksa kita harus seperti apa. Tidak ada paksaan. Biarkanlah mengalir. Karena penyerapan ilmu masing-masing orang pendekatannya berbeda.

Pahami bukan di cemburui.
Karena cemburu akut bukan sesuatu hubungan yang sehat malah terlihat menyakitkan kedua belah pihak.
Jika memang tidak suka komunikasikan bukan membatasi pertemanan dan menyemburui seakan kita pencuri mimpi, faktor buruk sangka.

Bahkan yang lebih parahnya, menggunakan dalil-dalil Islam untuk menghalalkan rasa cemburu akut itu. Pahamilah, berikan contoh yang baik, bukan hanya sekedar berisik.

Jadi, kamu musti berpikir dulu. Menyatukan bahasa hati dan akal sehatmu. Apakah jika dengan seseorang yang tak dapat mengontrol rasa cemburunya ini masih bisa kamu maklumi? Jika kamu bisa maklumi kekurangannya, itu pilihanmu. Tapi pikirkan lagi.
Cinta memang cemburu, tapi bukan cemburu akut. Yang bikin takut berbuat apapun di lingkungan sosial kita.
Bersemangatlah. Akan ada seorang pria yang bisa memanage cemburunya untuk menghargai hatimu.

6. Dia selalu berburuk sangka

Ini tipe yang kebanyakan wanita tidak menyukainya. Seakan-akan dia tahu hati kita. Bisa dipastikan dia bukan jodohmu. Seorang jodoh yang baik adalah orang yang selalu menjaga berbaik sangka pada Tuhan-Nya yang menciptakanmu.
Ketika ia tidak mampu percaya akan cinta Tuhan kepadamu maka bisa dipastikan dia tidak mencintaimu dan tidak mencintai Tuhanmu.

Seseorang yang baik, ia pasti teduh bahasanya, lembut bicaranya dipupuk dengan pikiran berbudi luhur yang positif di hidupnya. Karena ia percaya, jika ia menghina maka ia telah merusak cinta Allah kepada dirinya dan kepada orang yang ia sayangi.

Orang yang baik untuk jodohmu adalah orang yang percaya padamu, tidak ragu-ragu, karena cinta itu kebenaran bukan ketidakpastian.

7. Jika semesta seakan menghalangi

Jika keluarga besar kalian tidak saling menyukai, kawan-kawan kalian tidak saling respek , hingga semesta seakan menghalangi magnetmu untuk bersama. Bisa dipastika ia  bukan jodohmu.

Seseorang yang menandakan ia jodohmu, ketika seluruh keluargamu menyebut-nyebut namanya terus, sahabat-sahabat terbaikmu mengatakan ia lelaki terbaik untuk dirimu, itu terus menerus tak pernah bosan meski kamu sudah bosan.

Jika tidak , percayalah. Jodoh tak akan lari jika dikejar , jodoh tak akan berpisah tulang rusuknya dengan pemiliknya.
Jika semesta tak mendukungmu, dan dia tak mampu memperjuangkanmu, galz..
Dia bukan pilihan yang tepat untuk hidup bersamamu hingga ujung waktu.

7 alasan inilah yang bikin kamu harus jujur ternyata dia bukan jodohmu, berlapang hatilah. Mungkin saja, Allah memberimu ujian untuk suatu hari nanti akan mendapatkan seseorang yang menghargai kelembutan hatimu yang tulus, hati seorang wanita.

Bersemangatlah, jika kamu selalu berpikir positif, suatu hari nanti akan ada seseorang yang tak akan mudah melepaskanmu meskipun kamu berteriak untuk menjauhi hidupmu. Fighting!