Skip to main content

Ketika Saya Otak Kanan

1. Ketika saya otak kanan
Saya didiagnosa dokter Psikiater saya sakit depresi mental karena saya suka bersedekah banyak, punya masalah gak diceritain ke orang-orang atau tiba-tiba diam saat marah, dan melampiaskan marahnya dengan dinding maupun benda mati lainnya serta jika bersedih mencoba menyemangati diri sendiri dengan memusut tangan sendiri agar tidak menyerah dan bersemangat kembali. Saya berimajinasi seperti abah saya yang kalau saya sedih, selalu memusut tangan saya, trus gak lama saya bahagia. Karena Abah sudah meninggal, saya bikin kreatif aja biar gak sedih. Dan Padahal itu semua adalah cara seorang yang dominan otak kanannya dalam menyelesaikan masalahnya.

2. Ketika saya otak kanan
, Semua pendapat yang dikatakan Dokter Psikater saya itu, hanya saya senyumin saja. Soalnya menurut saya, saya bahagia seperti itu dan tidak depresi mental, malahan orang2 dilingkungan saya yang saya pikir terlalu mengkhawatirkan saya. Padahal saya bahagia saja. Bukankah janji Allah, disaat kita bersyukur, nikmat kita bertambah (Qs.14:7), alhamdulillah

3. Ketika saya otak kanan,
saya berSedekah banyak, kata Islam, saat rejeki sempit bersedekahnya seikhlasnya dan sebagian dari rejeki yang diberikan Allah (Qs.2:254)
Saya ikhlas  bersedekah seluruh gaji saya, makan hanya nasi kecap karena uang sisa insentifnya buat bayar kontrakan dan biaya listrik, PDAM maupun biaya transportasi selama saya kerja kekantor atau berjalan mencari keperluan rumah. Karena saya yakin, Allah akan menambah rejeki saya lebih banyak  seperti ucapan Nabi Muhammad SAW bahwa  "tidak akan berkurang rezeki orang bersedekah kecuali bertambah, bertambah dan terus bertambah (Hadist Riwayat Tirmidzi). Dan kata-kata Nabi benar semua, rejeki saya sekarang seperti air bah. Alhamdulillah.  Allah yang bantu. Seorang yang miliki otak kanan, pasti percaya itu.

3. Ketika saya otak kanan,
didalam Saya ada masalah, saya memang sengaja tidak beritahukan ke orang-orang kecuali orang-orang yang saya percaya, saya nyaman dan saya rasa dia mampu menjaga masalah saya dengan baik.

Nah, ketika saya merantau saya sengaja tidak bercerita banyak dengan teman2 saya,
Karena mereka sering bercerita masalahnya kepada saya, saya pikir--jika saya bercerita juga masalah saya, malah akan menambah masalah mereka dan membuat khawatir kepada saya.

Seperti, masalah keluarga saya yang punya hutang 74 juta, saya suka dengan seorang teman saya yang di comblangi hampir banyak dengan teman-teman saya satu pelatihan dan dikantor.

Maka ketika masalah saya ini sudah selesai, hutang saya lunas tuntas karena sedekah, dhuha 6 rakaat dan amalan lainnya (di blog ini ada dibahas tentang amalan mudah yang bikin hutang sebesar apapun bisa lunas) , 

kemudian ketika masalah kisah rasa suka saya sama seseorang pun itu sudah selesai,  makanya saya mau bercerita. Karena saya bukan orang yang tertutup, bukan pula orang yang penuh misteri, hehehe.
Saya tak suka juga film-film misteri :D
Ini hanya cara-cara otak kanan yang membahagiakan saya.

4. Ketika saya otak kanan,
Saya akan terbuka, dengan seseorang yang saya percaya.  jika saya tidak bercerita berarti saya tidak mempercayainya.

Karena banyak faktor, salah satunya agar tidak membuat mereka khawatir dan membuat saya dapat menikmati kebebasan berpendapat dan menjalankan apa yang saya ingin lakukan dengan bahagia tanpa intimidasi orang lain dengan memaksa agar mengikuti pendapatnya.

Seperti saya menulis di blog ini. Dan Saya percaya ketika saya menulis, saya merasa bebas dan bahagia. Itulah otak kanan yang indah.

5. Ketika saya otak kanan
Sayapun bukan orang penuh misteri.  Kalau saya orang yang penuh misteri. 

Tidak mungkin tulisan-tulisan di blog ini kalian bisa baca dan nikmati dan kalian mengenal hidup saya , karena saya selalu bercerita apa adanya di blog sederhana saya ini.

Saya sama sekali bukan orang misterius dan tidak suka membuat orang menebak-nebak siapa saya.

Beginilah saya apa adanya, hehehe. Sang pencinta otak kanan ^_^

6. Ketika saya otak kanan,
sayapun pernah merasa diikuti atau bahasa kerennya di- stalking semua media sosial saya. 

Intuisi saya (baca:Feeling) mengatakan bahwa banyak orang yang membaca tulisan saya termasuk teman-teman saya yang ingin mengetahui sifat-sifat saya yang baru mengenal saya karena saat merantau saya sama sekali tak punya teman dekat, kecuali di tempat kelahiran saya, tempat saya menimba ilmu dan terbiasa dengan lingkungannya.

Menurut Ippo santosa dalam bukunya 7 Keajaiban rejeki, orang yang lebih condong otak kanannya pada dasarnya, intuisinya berjalan dengan baik dan ia menggunakan intuisinya dalam bertindak, itulah mengapa seorang pimpinan selalu bisa cepat memutuskan kebijakan, karena ia adalah golongan kanan yang bisa berpikir dengan intuisinya.

Cara yang baik untuk mengetahui sifat-sifat seseorang, menurut orang bijak hanya dua yaitu : bersahabat baik dengannya hingga mengenal keluarga besarnya dan menikahinya.

Cara itu amat sangat mudah. Bukan menjadi informasi pusat gosip yang endingnya adalah Ghibah (menyebarkan aib tanpa hikmah dengan tujuan menghina dan melakukan penyerangan atas pribadi seseorang) maupun fitnah (menghakimi seseorang yang bukan seperti itu kenyataannya)

Benar kata sebuah tausiah yang saya dengar di Rodja TV, seseorang yang suka membicarakan aib orang lain dan mencela sana sini hingga memfitnah orang lain dikarenakan ia Dengki kepada orang yang ia bicarakan.

Pada dasarnya ngomongin orang itu gak baik, soalnya kalau benar itu jadinya Ghibah tanpa mencari hikmah, kalau informasi itu salah, itu artinya fitnah, yang menurut Alquran Surah Al baqarah (2) ayat 217 menyatakan bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan.
Allah memberi tahu itu karena itu memang nyata adanya.


Ketika saya di fitnah depresi maupun di bilang Genit  karena melamar seorang laki-laki yang saya sukai, saya kaget membaca tulisan seorang teman yang saya selalu doakan beliau dalam hidupnya.


Air mata tak lama mengalir. Saya tak ingin marah dengan beliau. Saya mencoba menjauh untuk menghindari hal tercela lainnya misalnya membalas apa yang beliau ucapkan kepada saya. 

Namun saya bersyukur dan bahagia, mereka masih menyayangi saya, tulisan itu sebagai bukti mereka peduli atas hidup saya, alhamdulillah. 

Terima kasih buat kalian, semoga Allah memberikan rejeki yang banyak dan kebahagiaan untuk hidup kalian  aamiin ya Rabb..
Saya memiliki otak kanan untuk menyukai seseorang. Itu bedanya.

7. Ketika saya otak kanan,
Di sebuah tausiah seorang ustad di Rodja TV mengatakan bahwa didalam islam diperbolehkan seorang wanita melamar (mengkhitbah) seorang laki-laki yang ia sukai atau dengan kata lain menawarkan dirinya, karena di zaman Rasulullah SAW itu pernah terjadi ketika seorang wanita melamar Nabi, namun nabi menolaknya karena beliau tidak berminat kepada wanita itu.

Itu bukan sesuatu yang salah apalagi sebuah keanehan, karena wanita tersebut menghindari dirinya dari zina dan perbuatan yang tercela lainnya , makanya wanita tersebut ingin mengajak orang yang ia sukai itu menikah. Dalam Hadis Rasulullah Tersebut, tak lama ada seorang laki-laki yang berminat dan melamar wanita itu.

Saya tidak genit, saya hanya ingin menjaga diri saya dari fitnah dan zina agar hidup saya tentram dan penuh berkah. Selama saya merantaupun, saya selalu mencoba menjaga diri saya.
Ini cara otak kanan saya untuk menjaga saya agar tentram dan damai^

8. Ketika saya otak kanan,
Dulu, waktu pernah ngekost, dan saya suka sholat subuh di mushola depan kostnya, ada seseorang yang melamar saya, waktu itu saya sedang fokus ikut ujian Tes masuk Kerja Pegawai, sama sekali tidak berpikir untuk menikah dan lagi saya tidak mengenal laki-laki tersebut di kota yang sayapun asing disana.


Jika laki-laki itu serius dan baik, ia dapat mengatakan isi keinginannya itu langsung ke keluarga besar saya, bukan tiba-tiba melamar tanpa saya mengenal dia dan keluarganya seperti apa. 

Agar kegiatan menyukai orang lain tidak menjadi kegiatan yang meresahkan.
Itu logika otak kanan saya.

9. Ketika saya otak kanan,
saya sudah menjadi pegawai tetap di provinsi tersebut, saya mengenal seorang teman disaat saya mengikuti pelatihan, awalnya saya biasa saja dengannya. Karena hanya baru mengenal.

Apalagi saya bingung, beliau suka memperhatikan saya ketika saya memasuki ruangan belajar saat pelatihan itu, karena tepat duduknya berhadapan di depan saya, ia menatap saya sambil tertawa, nanti tersenyum. Padahal tak ada satupun teman saya yang tertawa disamping kanan kirinya.

Saya bingung. Dia itu siapa. Dan saya kenapa. Ditertawakannya. Mungkin karena waktu masuk itu saya terlambat,memakai sendal jepit dan langsung duduk di tempat duduk yang bukan nama saya. 

Tapi anehnya, cuma dia yang tertawa, yang lain tak ada.
Sebagai pencandu otak kanan yang dominan, saya merasa hanya ada dua alasan dia seperti itu, dia suka atau melihat aneh dengan saya. Yup. Inilah saya. Sang pengagum otak kanan.

10. Ketika saya otak kana,
Saya merasa ada yang kurang beres. Dengan laki-laki di depan saya ini. Bisa-bisanya dia tertawakan saya disaat orang pada diam semua, apa mungkin saya temannya sule kali ya.. makanya dia jadi tertawa, hahaha... 


Gak lama saya berpikir, ya udahlah, bikin orang lain tertawa itu ibadah dan bikin orang lain itu bahagia itu berpahala. Ya udah, saya gak mikirin hal aneh yg dia lakuin tersebut. 


Dan otak kanan sayapun berkerja seperti itu, senang bikin orang bahagia.

11. Ketika saya otak kanan,
saat kami outbond masih di pelatihan itu, saya suka menyendiri, karena gak terlalu suka dengan keramaian maka menghindari orang2, dan mencari udara sejuk buat saya bisa menikmati pemandangan indah saat outbond itu (privasi saya),

 tak lama ia mendekati saya lagi, menyapa saya dan meminta saya bawa air minum saya. Saya tambah bingung sama orang ini. Dia ini siapa? Dan dia kenapa?, kok bisa seperhatian ini sama saya. Padahal saya bukan orang yang cantik atau orang yang supel.

Menurut saya, dulu yang namanya cantik itu adalah berbadan kurus dan langsing dan supel, sedangkan saya waktu itu badan saya gemuk, timbangan saya 90 kilo dan gak supel sama org yang gak dikenal karena gak suka basa basi sama orang yang belum dikenal. Nah, lelaki ini mendekati saya terus selama outbond.  Saya bertambah bingung.

Meskipun dalam hati saya, berkata "apa ini belahan hati yang saya tunggu?" dan ketika saya bermunajat didepan ka'bah saat umroh pertama saya," apa ini lelaki di dalam doa saya itu?". Itulah imajinasi saya sang otak kanan.

12. Ketika saya otak kanan,
Waktu umroh saat itu, saya berdoa, didepan ka'bah meminta seorang laki-laki yang akan menjadi belahan jiwa saya yang dapat menerima semua kekurangan saya apa adanya dan tulus seperti badan saya yang gemuk. 


Waktu itu saya menangis, ingat bahwa diwaktu SMU, saya tidak diperhatikan orang yang saya suka karena gemuk dan wanita yang selalu dekat dengannya cantik dan bertubuh langsing. Makanya saat itu saya berdoa seperti itu didepan ka'bah.

Saat saya oubond, saya berpikir. Inikah lelaki itu, Tuhan?. Saya mulai berimajinasi kanan.

13. Ketika saya otak kanan,
Apalagi saat sebuah permainan outbond yang harus melingkar dan diangkat satu2 badan teman kita agar menang itu, dia menolong saya dengan kata-kata yang manis, yang sampai skrg saya masih ingat, katanya : dia meminta agar orang-oranh memperhatikan saya, karena saya merasa tidak bisa diangkat.


Waktu itu saya hampir menangis. Antara malu dan senang. Malu karena kenyataan badan saya gemuk dan menyulitkan teman-teman saya untuk menang dan hampir menangis karena saya tidak nyangka ada orang baik masih di dunia ini? Seperti dia.


Mungkin saat itu saya mulai tertarik memperhatikannya. Karena dia baik. Peduli dan penuh perhatian.
Beginilah otak kanan yang menyukai seseorang, sesederhana itu. That is me.

14. Ketika saya otak kanan
saya memperhatikannya diam-diam. Ternyata dia seorang yang cerdas, pintar matematika, pintar mengutarakan pendapatnya (mengingatkan saya dengan saya ketika kuliah, selalu berani mengacungkan tangan untuk bertanya),

 namun ketika di kantor saya waktu itu, saya jarang mau berpendapat,maupun saat di pelatihan  saya tak begitu suka lagi berbicara didepan umum. Karena waktu itu saya lebih memikirkan bagaimana kerja dengan baik agar masalah hutang 74 juta saya bisa selesai.

15. Ketika otak kanan,
dipelatihan itu saya lebih banyak diam dan menyendiri. Karena masalah tersebut. Apalagi saat itu, sayapun bingung kenapa saya dipilih jadi Bendahara di pelatihan tersebut padahal saya tidak pintar matematika, alasan mereka memilih saya hanya karena saya bertugas di Dinas Pendapatan Daerah yang mencari keuangan daerah, 

padahal saya sengaja tidak mau menampilkan diri saya agar tidak dikenal dan tidak mencolok agar bisa lulus prajab dengan mudah tanpa berpikir masuk dalam organisasi prajab tersebut.

Karena saya dulu semasa SMU dan kuliah , organisasi adalah makanan hari-hari saya, selalu jadi ketua, selalu jadi koordinator, padahal impian terbesar saya adalah Ibu rumah tangga, gak pengen jadi pemimpin para laki-laki. Saya maunya dipimpin oleh seorang laki-laki yang baik. hehehe.
Itulah makanya saya otak kanan , hidup sebagai pemimpi besar^^

16. Ketika saya otak kanan,
saya diam-diam menjadi pengagum rahasia laki-laki yang menertawakan saya saat pertama kali memasuki ruang belajar di pelatihan Hehehe.


Saya malu bercerita hati saya , saya kurang pede dan takut ditolak.
Karena dia yang peduli, perhatian, cerdas dan baik.
Itulah saya, hal aneh sang otak kanan, menyukai seseorang.

17. Ketika saya otak kanan,
Apalagi pas saya tahu, diapun mencari tahu saya siapa dan sepertinya menyukai saya. Saya tidak menyangka. Karena selama ini orang yang saya suka selalu tidak menyukai saya.

Kalau dengan mantan pacar saya, itu hanya sebuah masa lalu yang saya tidak menyukainya untuk saya bilang saya suka padanya, karena dia berkhianat dengan melakukan sihir kepada saya,dan keluarga besar tidak menyukainya karena tidak mau bekerja keras memperjuangkan saya.

Padahal saya mencoba membuka hati saya setelah patah hati ditinggal menikah dengan cinta pertama saya.
Bagi saya, sihir adalah sesuatu yang tidak termaafkan jika tidak bertobat yang sesungguhnya kepada Allah.

Karena sihir berarti berani menduakan Allah, bagaimana ia bisa menjadi suami saya yang baik jika ia tidak mencintai Allah dengan percaya bahwa suatu hari nanti saya bisa membuka hati saya untuknya.

Itulah visi misi hidup saya, bahwa suami saya nanti bisa mencintai Allah dan percaya sama Allah telah menakdirkan saya bertemu dengannya. Hehehe, mirip kaya di film-film Romantis yang indah, percaya bahwa takdir Tuhan itu indah untuk pertemuan mereka. Hihihi. 

Bagi saya, yang namanya Romantis bukan dari kata-kata indah atau sesuatu yang diberikannya, tetapi cara dia mencintai Allah dengan tulus itulah yang pasti akan memenangkan hati saya. Beginilah, saya sang Pemimpi untuk memiliki cinta sejati, yang otak kanan.

Namun saya sudah memaafkannya, takdir Allah yang pernah mempertemukan kami, kamipun belum berjodoh , semoga diapun memaafkan saya, aamiin ya Rabb..

 dan saya Yakin Rencana Allah itu terbaik buat hambaNya termasuk kami. Dan saya juga selalu doakan dia agar menjadi orang yang baik hatinya, banyak rejekinya, serta bahagia dunia akhirat. Aamiin ya Rabb. Doain ya kawan-kawan yang membaca cerita ini.

18. Ketika saya otak kanan,
Selama saya tidak mau membuka hati lagi dan sehabis saya berdoa di Makkah, datanglah seseorang yang saya bilang dia itu berbeda dengan orang lain yang mencoba mendekati saya, karena ia tidak memaksa saya untuk berkomitmen. 

Karena waktu itu, saya memang tidak bisa berkomitmen cepat (menikah) karena masih mau melunasi hutang besar saya , namun dia tidak mengetahui masalah ini karena saya tak ingin bikin dia dan teman-teman yang berusaha mendekatkan saya dengan dia khawatir dengan hidup saya. 


Saya hanya ingin fokus bayar hutang dengan otak kanan (baca : sedekah, zikir ya fatah ya rozaq, alwaqiyah, ali imron ayat 26-27, sholat dhuha, dan yakin sama Janji Allah di ayat seribu dinar)

Saya paling tak suka, mengetahui orang-orang yang saya sayang dan saya hargai merasa khawatir dengan hidup saya. Saya baik-baik saja selama ada Allah, 

Namun dengan begitu saya jadi paham, kalau mereka semua adalah orang-orang yang begitu peduli dengan hidup saya dan kelangsungan cerita cinta saya.

Terima kasih kalian, semoga Allah beri kalian Surga Firdaus, aamiin ya Rabb. Doain lagi ya.. bagi yang sudah membaca sejauh ini.. hehe..^_^

19. Ketika saya otak kanan,
Saya mencoba menjauhinya sampai hutang saya lunas, namun ternyata Allah berkehendak lain.


Semakin saya menjauhinya, saya merasa bersalah sama perasaan saya dengan dia karena tidak jujur bahwa saya menyukainya.

Sehingga kompromi saya dengan dia.
Saya mencoba menawarkan diri saya (melamar) ke dia lewat sms yang tak kunjung ada balasannya untuk menghindari fitnah dan zina karena saya tak ingin dia adalah orang yang baik  yang saya hargai kehadirannya bisa difitnah orang karena saya. 

Karena saya pernah membaca dalam Hadist Riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa wanita bisa menjadi fitnah bagi laki-laki.

Sehingga Karena dia waktu itu tak membalas sms saya itu berarti : dia tidak berminat kepada saya.

Soalnya kalau ngomong langsung saya pun gak berani, gak berani denger penolakan.


Itu aja pas di sms, lama gak dibalas.
Malamnya nangis deres. Hahaha..


Maka saya relakan saja perasaan saya kepadanya.


Saya tidak menyesal melamar dia.
Karena saya mampu mengabulkan mimpi saya sendiri atas izin Allah untuk belajar jujur dengan hati saya ketika saya suka dengan orang lain lagi setelah cinta pertama saya.


Alhamdulillah saya bahagia, meski ditolak dan diacuhkan mirip cinta pertama saya yang mengacuhkan saya.
Itulah otak kanan saya, bersyukur saja itu janji Allah (Qs.14:7)


Janji Allah lebih pasti dari gaya gravitasi itu saya kutip dari kata-kata ippo santosa. Dan benar adanya.

20. Ketika saya otak kanan,
Sayapun tidak menyesal menyukainya. Ataupun dia tolak. 

Sampai sekarang, saya masih kagum padanya. Saya yakin, dia bisa jadi aset dunia yang bagus buat Provinsi di Indonesia karena kecerdasannya dan rasa pedulinya dengan orang lain.

Namun, mungkin saya belum berjodoh dengannya. Yang namanya jodoh, gak mungkin akan lari. Kalau lari pasti bakalan mendekat. Kalau larinya menjauh berarti itu menandakan dia bukan orang yang tepat untuk disebut "belahan jiwa" saya ;) hehehe.


Saya sudah mengikhlaskannya. Semoga dia bisa dapetin cewek manis yang secerdas, dan sepeduli dia, aamiin ya Rabb..

Doain saya juga ya teman-teman.. biar bisa suka lagi sama orang lain yang lebih menenangkan dan disukai oleh keluarga besar saya dan teman-teman saya , juga di ridhoi sama Allah aamiin ya Rabb.. .

Makasih banyak ya doanya..kalian indah deh.. Surga Firdaus untuk kalian dan doa yang terbaik pula untuk kalian penikmat blog sederhana ini♥♡♥

21. Ketika saya otak kanan,
Dan udah mau baca, ceritaan ini hehehe
Karena cerita seperti ini membahagiakan saya dan menulis isi hati ini amat menyenangkan, lega dan berkah,

Alhamdulillah semoga Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung dengan Asmaul Husna-nya dan sifatnya yang Maha Tinggi bisa menjadikan penulisan kisah hidup saya yang serba kanan ini ikhlas karenaNya, 

Karena menceritakannya di blog ini, sebagai pembelajaran dan inspirasi juga  bermanfaat bagi saya sendiri selama saya hidup dan ketika sudah tiada serta bisa bermanfaat bagi yang membacanya. Aamiin ya Rabb..

22. Ketika saya otak kanan,
Saya diam ketika marah. Bukankah itu adalah nasehat Nabi bahwa ketika marah lebih baik diam (hadist Riwayat Ahmad) dan saya pengen bermimpi bisa masuk surga firdaus, ada kata-kata Nabi bahwa "jangan marah, maka bagimu surga" aamiin ya Rabb.


Ucapan Nabi Muhammad SAW adalah suri teladan di hidup saya, dan saya terinspirasi akan kebaikan beliau karena dalam Alquran menjelaskan akhlak beliau ( Qs.33:21) meski sayapun masih manusia biasa dan masih belajar mengikuti cara indah beliau.


Kadang kalau udah kesel banget sama seseorang , otak kanan saya menganggap benda mati itu dia, dan saya berbaik sangka benda mati itu menjawab dengan baik, hehehe.


Saya berbaik sangka sama Allah ^_^
Itulah otak kanan, penuh imajinatif dan kreatif agar gak sedih dan cepat bahagianya lagi.

23. Ketika saya otak kanan,
Saya melampiaskan kemarahan saya dengan dinding dan benda-benda mati lainnya dikarenakan itu cara ALTERNATIF saya untuk memulihkan rasa kecewa saya tanpa harus melukai hati orang lain yang saya tak suka sifatnya dengan saya mencelanya atau bisa juga saya selalu doakan dia untuk menjadi lebih baik dari orang baik yang ada di Dunia ini.

Itu adalah cara Kreatif saya untuk dapat bahagia dengan cara saya. Karena menurut buku keren milik penulis A.K tentang Aku Bisa Bahagia bahwa kita harus bahagia dengan cara kita sendiri dan hanya diri kita sendiri yang bisa bikin kita bahagia. 


Bahagia itupun adalah pilihan kita, kalau kita tidak bisa bahagia sekarang maka kapanpun tak akan bisa bahagia.

24. Ketika saya otak kanan,
Itu semua cerita diatas ini bukan sama sekali hal aneh. Cara-cara saya inilah adalah cara berpikir orang yang otaknya dominan otak kanan. Dan saya bukan ahlinya membahas otak kanan yang keren itu dengan penuh imajinasi yang indah, coba deh baca  bukunya Ippo Santosa 7 keajaiban Rejeki dan Percepatan rejeki dengan otak kanan. Hidupmu akan penuh keajaiban ^_^

Suatu hari nanti pasti paham, bahwa di dunia ini, selalu ada orang-orang yang berbeda dengan kebanyakan orang di dunia ini.


Dan saya suka yang berbeda. Dan saya suka yang aneh dan saya suka berimajinasi dan saya suka yang unik dan kreatif. Saya suka punya otak kanan yang berlebih. Alhamdulillah.

25. Ketika saya otak kanan,
Kamu juga bisa kok mengasah otak kananmu yang penuh imajinasi, dan berpikir holistik (menyeluruh) untuk menghadapi kehidupan sosialmu

Karena menurut Tulisan Prof. DR. Sugiyono, M.PD dalam bukunya Memahami Penelitian Kualitatif, analisis data yang cocok dan tepat untuk masalah sosial adalah Analisis Kualitatif 

Karena cara berpikirnya holistik/menyeluruh di berbagai aspek bukan hanya beberapa faktor saja namun dapat menjawab segala makna yang terkandung didalam permasalahan sosial tersebut.

Jiaaahhh... bahasa saya seperti karya tulis ilmiah aja..hehehe..

Keingat memang puluhan karya tulis ilmiah (tesis dan skripsi ) yang saya buat dalam membantu perekonomian saya dari tahun 2005 dan karya tulis kualitatif-lah yang suka saya tulis.. pernah ngedapatin 31 juta buat bikin karya tulis Ilmiah tersebut. Alhamdulillah.

Tapi, kamu jangan bosan ya bacanya..hehehe.

Saya otak kanan dan saya suka..
Suka suka suka, kaya Mei Mei yang ceria di Ipin Upin ;)
Kamu suka juga gak? Suka juga dong... ^_^
Kalau gak suka  gak mungkin sampai kamu baca di tulisan terakhir ini.
Jeng..jeng..jeng...

Hehehehe *_*

Hidup otak kanan, MERDEKA!

Popular posts from this blog

Kapan Nikah? Bawa bahagia!

Hampir semingguan ini banyak banget yang ngajakin betapa nikmatnya menikah itu bahkan ada yang memintaku untuk ikut sebuah komunitas pencari jodoh dan bisa langsung ketemu jodohnya lalu menikah... Ada juga yang tiap hari kepo dengan siapa sih orang yang kusuka itu, buruan lah menikah  ntr sulit punya anak, mereka terlalu baik buat hidupku, peduli banget

Well, sebenarnya aku punya alasan manis untuk gak mikirin bahagia ku itu dengan menikah atau bahagiaku itu dengan kebelet punya anak dan punya keturunan karena pada dasarnya, aku mudah bahagia dengan hidup ku Sekarang serta bersyukur apa adanya karena aku yakin yang namanya jodoh pasti ada, gak perlu lagi aku mikirin pendapat orang lain tentang hidupku..

Bahkan ada yang lebih extrem lagi, ada yang bilang kalau gak cepat-cepat nikah, ntr masa tua sendirian serta karena gak punya anak dan suami, jadi mudah galau dan kesepian.. Aku sih gak gitu.. Karena kenyamanan bagiku itu bukan dari bisa ditemanin atau sekedar hadir.. Karena kenyamanan…

Dear cherry blossom

Dear cherry blossom..
Menuliskan mu tidak cukup sebuah post didalam blog
Bahkan buku tentang kamu pun sudah rampung
Bulan depan, naik cetak ke penerbit

Aku berharap, tulisan itu bisa mewakili banyaknya
Kata yang harus aku sampaikan padamu

Dear cherry blossom..
Sebuah sastra menjadi lebih bermakna ketika
Itu mengambarkan sebuah kenyataan
Terlukis bukan sebagai coretan abstrak
Namun terlihat jelas layaknya sebuah kesederhanaan
Yang indah

Dear cherry blossom..
Terima kasih, lagi-lagi itu yang kurasakan padamu
Kehadiranmu di dunia ini selalu bisa bikin aku bahagia
Bayangin.
Kamu itu adalah orang yang selama ini aku cari-cari
Hingga berkeliling pedalaman, eh ternyata kamu di dekatku saja
Kamu yang sedari dulu selalu menemani tawaku
Hingga kamu menjadi orang lain pertama selain keluargaku yang bisa bikin aku nangis
Tepat dihadapannya sambil berbicara

Dear cherry blossom..
Aku akan menjaga hatiku, karena aku sudah memilih takdirku
Aku ingin menjadi Bidadari Penjaga hatiku, air mata ketulusan…

Demi Mimpi-mimpiku

Aku punya mimpi, mimpi yang baru saja aku buat setelah mimpi yang ada 68 buah di buku Impianku, aku hilangkan dengan menggantinya dengan buku impian baru yang ada dirimu

Kumohon teruslah hidup, soalnya mimpi baru ku ini semua tentang dirimu
Jangan bosan untuk terus tinggal di dunia ini, karena aku punya mimpi
Dan aku ingin liat, kamu merasakan indahnya mimpiku itu buatmu

Ibarat sebuah tulisan yang selalu hadir menemani di hari mu
Impian ini juga sangat penting untukmu, aku hidup dan bersemangat untuk mengabulkannya

Aku belum pernah seantusias ini dalam meraih mimpi, kalau hanya bermimpi sekolah S3 lagi, aku hanya menggeleng lemah, aku tak ingin meninggalkanmu
Apalagi aku sudah tahu ada ilmuwan yang bisa mengobatimu

Andai sedikit saja, hatimu terbuka untuk mengikuti penyembuhannya
Hatiku pasti teramat bahagia
Tapi kamu sangat keras kepala, selalu merasa bisa menjalani hidup ini
Sendirian,  aku tak pernah melihatnya seperti itu
Kamu harus berbagi, mirip seperti mimpi-mimpiku
Aku rela ka…

Always Perfect

Ada rasa lega di hati dikala aku sudah tidak memikirkan target untuk menikah,
hidup terfokus untuk bahagia tanpa harus galau mencari pasangan hidup yang menjadi jodoh kita,
karena pada dasarnya, di nun jauh disana atau sedekat jengkal tangan jodoh itu sudah ada untuk ku, apa lagi yang di khawatirkan, lebih menyenangkan ketika aku lebih memilih untuk sendiri dan mencari cinta Allah yang masih hingga kini menaungiku, terbebas dari rasa resah, dan mencari sesuatu yang belum tentu ada untuk kita selamanya
alhamdulillah, ini saran yang manis untuk kalian untuk bahagia, karena gak semua kebahagiaan itu didapatkan dari sebuah pernikahan, aku yang belum merasa membutuhkan pernikahan pun masih merasa bahagia meski sendiri, karena pada dasarnya aku tidak pernah sendirian,
Ada Allah yang menemaniku, itu lebih dari cukup, kalau yang empu-nya dunia akhirat ini selalu setia ada untukku, apalagi yang kurang, itu lebih dari sempurna, karena kita harus mempercayai Qada dan Qadar Allah, kalau ternyata aku …

Bahagia Itu Gratis

Jalani hidup ini dengan bahagia
Dan pilihlah sesuai dengan impian-impian besarmu
Jangan berjalan mengikuti arah tujuan hidup orang lain
Berjalanlah seiring dengan impian dengan indah

Berbagialah,karena bahagia itu gratis
Bersyukurlah karena nikmat akan ditambah

Udah ngeluh nya, udah ngedumelnya
Nikmati hari ini dengan indah seperti
Disaat menikmati air minum, segar dan menyenangkan

Yakinlah, bahwa hidup ini perjuangan
Disaat kamu berjuang untuk bahagia
Segala semesta akan mengabulkan nya untukmu

Aku kira itu aku

Aku kira itu aku
Yang melihat dan memantau perkembanganmu

Aku kira itu aku
Yang selalu bertanya kabar, dan memotivasimu
Secara diam-diam dan terang-terangan

Ternyata itu bukan aku
Kamu yang selama ini ada
Kamu yang ramah, kamu yang Open mind, kamu yang gokil
Membuatku tak merasa sedang miliki rasa sakit

Sakit ini menjadi berkah dan nikmat
Apalagi bisa ditemani dengan saudara sebaik dirimu

Aku kira itu aku, yang selalu memperhatikanmu
Ternyata kamu yang tanpa kusadari
Selalu ada meski hanya lewat doa-doa manismu

Yang kini sering kamu dukung lewat bahasa semangatmu
Terima kasih, semoga Allah membalaskan banyak rejeki yang indah
Untukmu, cherryblossom

Aku kira itu aku,  ternyata itu semua adalah kamu
Kamu yang bisa bikin aku menulis lagi
Bahagia lagi dan optimis lagi,  gumawo

Bermimpi itu indah

Aku suka menulis mimpi-mimpiku
Kaya kemarin dulu, aku bermimpi diajakin seorang temanku
Untuk sekolah S3 lagi,
Di mimpi itu aku terlihat bahagia saat ia mengajak ku sekolah lagi

Tapi yang bikin aku senyum lama
Pas bangun, aku baru sadar, sekolah S3 nya yang ia tawarkan itu
Adalah sekolah bikin balon udara
Dan ajaib nya aku bisa bikin balon udara itu
Serta sempat mempresentasikan balon udaraku di negeri jepang

Khayalanku lucu juga ya,
Karena kesukaanku dengan balon, dan filmnya UP, bisa bikin
Kebawa mimpi, mimpi yang bikin aku bahagia hingga sekarang

Menceritakan nya membuat ku optimis bahwa segala impian ku
Semustahil apapun,  pasti bisa tercapai kalau kita punya kemauan yang kuat

Begitulah, hidupku selalu indah ketika banyak mempunyai mimpi
Kalau aku bilang, mimpiku itu adalah harapan-harapanku untuk hidup

Tidak panjang angan-angan, namun bermimpi setinggi langit akan buat kita bisa merasakan
Indahnya penolakan, indahnya kegagalan, meski tak bisa mencapai bintang setidaknya masih bis…

Cape Ngomong Sama Kamu

dia terlihat mengernyitkan dahinya
sedari tadi perhatiannya tertuju pada Handphonenya
kadang wajahnya cemberut, kadang menggelengkan kepala

hingga ia menulis kalimat singkat yang membuat hati terasa kelu

"aku cape ngomong sama kamu, Nha"

Aku hanya terdiam, membaca balasan pesan singkatnya itu

aku menghela napas panjang, rupanya selama ini, 
aku selalu mengajaknya berlari-lari berkilo-kilo meter
hingga ia cape berbicara padaku,

kuseka bulir air mata yang gak sengaja keluar

yang biasanya aku bicara sejelas mungkin, kini kutulis dengan sependek mungkin

"Aku serius" kataku menulis dengan penuh perhatian

"Stop, berhenti kataku! " Pesan singkatmu bikin ku tambah tak bisa mengetik apapun, untuk balasanmu

gak bisa, aku gak bisa berhenti. 

silahkan saja, kalau kamu mau berhenti dan cape,
aku belum cape dan gak akan berhenti.

hingga air mataku mengering, aku masih sempat beberapa jam dari itu
mengutarakan alasan yang membuat kamu kembali ceria lagi

dan tak pernah berpikir untuk cape…

Kado terkeren 2018

Alhamdulillah, kemarin ulang tahun ku juga
Aku dapat kado, keren banget dari my cherry blossom
Senang bener.

Sampe besoknya, yaitu hari ini masih terasa bahagianya
Aku suka, di tahun ini ada 2 hari ulang tahunku
Dan kado nya udah di kasih 3  di bulan ini
Masya Allah

Baik banget sih kamu, kamu selalu bisa memberi kejutan
Indah di hidupku, selalu bikin bahagia hingga terharu

Bolehkah?  Kusimpan rasa bahagia ini
Ku awetkan saja di dalam kulkas batu es
Biar pas aku lagi sedih, aku ambil dan bisa bikin aku tersenyum lagi

Kado ini kado terkeren tahun 2018
Aku senang, karena hampir ribuan dan puluhan kata
Yang ku bikin buku di hp untukmu
Inilah hadiah indahnya

Doaku dikabulkan Allah, secepat yang tak ku sangka
Alhamdulillah, semoga kamu selalu bahagia ya my cherry blossom

Siapapun yang mengenalmu
Pasti sependapat denganku
Kamu itu sulit dijabarkan
Apalagi di gambaran dengan kata-kata

Manisnya bikin  merekah
Lucu nya tak bisa terlupakan
Ini hadiah paling berkesan selama di hidupku
Gumawo kyup…

Penulis itu Relawan

"Untuk kesulitan tidurmu, menulis saja sesukamu, nanti akan ngantuk sendiri kalau sudah banyak tulisannya " ucapnya yang bikin aku bahagia. 
Baru kali ini ada yang mendukungku begadang hanya untuk menulis yaitu kamu,  setelah aku sering menulis, akhirnya keluarga dan dokter psikiaterku pun menyarankan aku menulis apa saja yang aku inginkan termasuk menceritakanmu
Kamu itu adalah motivasi ku, termasuk tentang menulis dan semangat untuk bahagia,  kamu seakan seperti hujan bunga, setiap kata yang keluar bikin aku senang, alhamdulillah 
Terapi bahagiaku juga bikin aku mengerti bahwa menjadi penulis itu relawan yang menyenangkan, dan bisa bermanfaat untuk orang lain itu mengagumkan, aku ingin seperti itu terus menerus sampai ku tua nanti
Meski badan sakit-sakitan, relawan menulis apa saja aku mau-termasuk menghibur orang lain yang bersedih dari tulisan-tulisanku tentang musim semi,  karena membuat orang lain bahagia itu pahalanya gede dan bisa mempermudah urusan kita kedepannya..…