Ketakutanmu adalah Berkah

Pernah miliki rasa ketakutan?
Hingga terasa trauma untuk mengulanginya?.

Semua manusia pasti pernah mengalami, ketakutan-ketakutan didalam hidup sehingga menjadi trauma.

Traumapun bukan sesuatu yang mengerikan. Karena trauma kita atau bisa dibilang paranoid kita pada sesuatu bisa menjadi berkah buat hidup kita.

Misalnya kita trauma dengan hinaan orang lain terhadap hidup kita.
Trauma ini bisa menjadi berkah untuk kita dan orang lain ketika kita mempelajari apa yang menyebabkan seseorang tersebut menghina kita.

Jika ia menghina kita sambil berbicara berdua saja tanpa orang lain dan berusaha memperbaiki kesalahan2 kita maka orang tersebut adalah orang yang ingin kita lebih baik dari sebelumnya serta memberikan kita saran yang membangun untuk hidup kita.

Namun jika ia menghina kita dihadapan orang lain maupun di belakang kita. Maka berarti dia adalah orang yang mencela hidup kita seakan kita adalah makhluk yang tak layak disayangi.
Biasanya orang yang seperti ini, suka mencela, menghina sana sini , memfitnah serta mengibah dengan senang hati orang lain, manandakan dia merasa hidupnya tidak indah dari orang yang ia bicarakan kesalahan-kesalahannya.

menurut Ririe Bogar, orang yang suka merendahkan orang lain biasanya hanya ingin mencari perhatian kita saja dan hal itu menandakan dirinya tidak dapat menghargai hidupnya sendiri.

Karena dengan menghina orang lain, dia memberi tahukan sifat aslinya yang ketika ia bicarakan orang lain dengan buruk maka begitu pula cara ia, ketika  membicarakan kita, ini bukan kata saya. Ini menurut ilmu psikologi.

Dihatinya terlihat ada rasa iri ,  dendam dan dengki . Itulah alasan utamanya ia suka menghina orang lain.

Kata Rasulullah SAW, jangan patuhi orang2 yang suka mencela, menyebarkan aib, fitnah sana sini dan mencari kesalahan2 orang lain.
Jadi sebelum, menghakimi seseorang, tabayun dulu atau artinya minta klarifikasi dulu.

Seperti acara Rumah Uya Kuya di TV yang sarat nilai-nilai moral yang bagus, selalu ada masalah namun diacara tersebut diajarkan setiap kesalahan maupun masalah yang diketahui pelapor diharapkan dapat mengklarifikasi dulu dengan sang dituduh pembuat masalahnya.

Nah, bukankah dengan trauma di hina orang lain, dan membaca tulisan diatas ngebikin kita jadi bisa berlapang dada dengan hinaan apa yang nanti akan orang lain  berikan kepada kita.

Karena kita berbuat baikpun, akan dicela. Berbuat buruk apalagi.

Jadi kita luruskan niat saja, berbuat sesuatu untuk apa. Jika untuk orang lain, tentu saja akan terasa kecewa yang besar karena kita berharap pada manusia.

Bukankah sebaik-baiknya pengharapan itu hanya kepada Allah. Jangan berharap kepada manusia karena pasti akan kecewa, berharap saja pada Allah pasti akan bahagia.

Jadi hinaan memang sebuah ketakutan kita karena kita berharap pada manusia. Jika kita berharap pada Allah. Dan kita yakin, jalan yang kita tempuh adalah jalan menuju Allah. Kita tak harus kecewa dihina.

Dan kita selalu bisa memaafkan dengan lapang dada, siapa saja yang menghina kita dan mempermalukan hidup kita. Karena memberi maaf itu adalah salah satu yang disukai Allah dari hambaNya.

Balaslah kejahatan mereka dengan kebaikan.  Doakan tulus mereka dalam sholat-sholat kita, doakan yang indah untuk mereka. Karena adanya mereka mengajarkan kita untuk sabar dan menjadi orang yang beruntung, karena Allah menyukai orang-orang sabar.

Ngalah aja. Doakan saja. Senyumin manis aja. Bawain makanan yang enak2 aja. Lalu selalu ramah pada mereka.

Tunjukkan cinta kita, saat dihina--tetap menyayangi.  Itulah cinta yang tulus.

Seperti yang di contohkan Rasulullah SAW, yang selalu dihina oleh seorang yahudi yang menjadi pengemis buta, setiap hari ia mencela Muhammad SAW, namun apa yang dilakukan beliau.
Beliau tidak marah, beliau datangi pengemis buta itu, beliau beri makan setiap hari ketika beliau keluar dari rumah. Meskipun saat beliau menyuapi pengemis itu, beliau hinaan dan cerita bahwa pengemis ini amat sangat membenci Muhammad.

Beliau tidak beri tahu siapa beliau. Beliau hanya menyuapi makan saja dengan lembut dan mengiyakan kata2nya. Namun ketika beliau meninggal, tugas memberi makan pengemis yang suka mencela itu adalah sahabat beliau, Abu Bakar As sidiq RA.

Saat Abu bakar menyuapi pengemis yang suka mencela Nabi itu, mendengar celaannya Abu Bakar Marah, lalu menyuapi pengemis itu dengan kasar.

Tak lama pengemis itu sadar. Dan berkata: "kamu siapa? Ini bukan sahabatku yang selalu memberi makanku dengan lembut!, mana sahabatku?"

Abu bakar pun  bercerita bahwa dia memang bukan orang yg suka memberi makannya sedari dulu karena orang itu sudah meninggal , dialah Muhammad SAW.

Pengemis Buta itupun langsung menangis , tak percaya. Karena sedih dan merasa rindu pada beliau, pengemis Yahudi inipun masuk Islam.

Masya Allah. Betapa indahnya, akhlak Islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Mengalah untuk menang. Alhamdulillah.

Jadi balaslah selalu orang2 yang menghina kita dengan doa terbaik kita dan akhlak terbaik kita karena kita adalah agen muslim yang dijanjikan Nabi Muhammad SAW sebagai saudaranya dunia akhirat. Aamiin ya Robbal alamiin..

Jadi bukankah ketakutan2 kita itu bisa jadi berkah buat hidup kita.

Alhamdulillah.  Karena bisa belajar bersabar, belajar memaafkan dan belajar tulus untuk berbagi amal jariyah.

Rasulullah SAW pernah berkata tentang akhlak seorang muslim yaitu:
“Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin; yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.”
(Hadits Riwayat Muslim)

Karena bersyukur dan bersabar adalah ciri-ciri orang yang beruntung, Nikmat2nya ditambah dan dekat dengan Allah. Alhamdulillah, dihina merasa disayang oleh Allah, karena menjadikan kita pribadi yang bisa bersabar dan bersyukur , pribadi-pribadi yang beruntung.

Seperti Mas Mono yang terkenal dengan bisnis ayamnya,tak akan sukses jika ia tidak dihina oleh Satpol PP ketika ia berjualan, lalu seorang Alwi Shihab , yang diremehkan oleh salah satu staf kementerian agama ketika beliau mau meneruskan kuliahnya lagi, tak lama dari hinaan itu beliau bisa lulus dengan baik dan menjadi menteri agama yang memimpin kementerian yang dulu pernah meremehkan mimpinya,

Hinaan bukan sesuatu yang menakutkan guys. Karena para haters2 yang membenci hidupmu itu pada dasarnya adalah fans setiamu yang sesungguhnya, itu kata Syahrini.

 Karena dia begitu kenal dirimu. Bahkan mereka selalu tahu apa saja kebiasaan2mu yang tanpa kamu sadari, merekalah yang bikin kamu bersemangat buat hidup lebih baik, untuk memperbaiki hidupmu bahkan karena adanya mereka, kamu bisa selalu setia curhat sama Allah untuk mendoakan kebaikan mereka dunia dan akhirat ^_^

Selalulah berterima kasih kepada mereka ya guys ♡

Jadi trauma dan ketakutan-ketakutan kita terasa baik di jiwa hidup kita dan terasa berkah ketika hal tersebut menyapa hidup kita.

Maka ketakutan apapun yang ada dihidupmu, nikmati saja dan mencoba untuk bersyukur saja. Karena nikmat akan Allah tambah. Selamat bagi kamu yang punyai ketakutan2, karena takutmu itu jadi berkah ^_^

Coba deh tanyain sama diri sendiri apa aja ketakutanmu, dan pikirkan secara positif , apakah ketakutan2mu itu dapat merubah hidupmu lebih baik lagi? Dan memberikan hikmah untukmu maupun orang lain?.

Coba deh kamu berbagi di blog ini..curcol apa saja tentang ketakutanmu, dan bagaimana cara kamu mengatasinya. Saya yakin, pasti hidupmu penuh dengan berkah dan sarat dengan hikmah.

Terima kasih bagi kalian yang menyempatkan mampir dan membaca tulisan-tulisan semangat di blog ini... semoga bermanfaat dan saling mendoakan ya sahabat.. karena inipun sebagai nasehat diri saya sendiri sebagai proses pembelajaran ke arah yang lebih baik dari diri saya sebelumnya. Aamiin ya Rabb...

Always fighting buat segala yang kamu takutkan ^_^, itu berkah,
always say alhamdulillah..

Apa yang kamu takutkan?
1. Aku takut merasa sendiri
Loh, kalau kamu merasa sendiri, pikirkan lagi deh. Kamu gak sendirian guys!, kanan kiri ada malaikat yang nemenin kamu, Allah mengawasi kamu siang dan malam. jangan merasa sendiri. Karena sesungguhnya kamu gak sendirian , kaya lagu keren punya Tipe-x,  malah saat kamu sendirian  kamu bisa melakukan hal2 yang bikin kamu bahagia misalnya membuat cerita, membantu orang lain, masak makanan favorit, nonton acara komedi, nelpon teman2mu^_^ sendirian berkah toh.. saya aja pas merantau, merasa berkah sendirian. Karena disana saya bisa mandiri dalam menentukan pilihan yang terbaik juga saya terbiasa menyapa siapa saja, karena dengan begitu saya tak merasa sendiri. Senyum mereka ketika saya sapa. Membuat saya ceria dan bahagia.  Bisa kamu coba loh itu..hehehe

2. Aku takut tak dicintai
Kalau merasa takut tak dicintai, cobalah jadi pribadi yang bisa dicintai orang lain. Cobalah untuk berteman dengan siapa saja. Menolong siapa saja. Cintai orang lain dahulu, insya Allah. Cinta Allah dan hamba-hambaNya akan mengalir untuk kita bahkan ketika kita lupa meminta untuk dicintai^_^

3. Aku takut gak bisa sukses
Semua orang berhak buat sukses. Semua orang berhak buat mapan. Dan semua orang berhak untuk kaya raya. Karena dengan harta yang baik, kita bisa menjadi lebih bermanfaat.
Jangan menyerah ya sahabat. Diblog ini ada strategi orang2 sukses yang bisa kamu coba lakuin, atau kamu bisa baca buku orang2 sukses dari Zero menjadi hero. Kelemahannya dan ketakutan nya menjadi kelebihan utamanya. Keren. Cari aja di toko buku, baca-baca aja. Dan boleh banget di beli dan dipinjamkan lagi keorang lain, biar kamunya makin sukses. Dan yang termudah adalah ketika kamu menemukan orang2 sukses disekitarmu, tanyakan apa saja rahasia suksesnya dan actionnya.Mau sukses? Ajak orang lain sukses. Cepat terkabulnya suksesmu^_^

4. Aku takut dengan dosa-dosaku

Bagus banget, kalau kita punya perasaan takut dengan dosa2 kita. Bikin berkah. Karena dengan takut dosa-dosa kita, kita jadi selalu menghindarinya dan selalu berbuat baik dimana saja itu menurut ustad di Rodja TV, bagus deh Rodja TV itu, menyejukkan dan sarat motivasi berinspirasi ilmu, layak buat kamu tonton ya guys ^_^

Bahkan, syetan pernah menyesal membuat manusia melakukan dosa, karena dosanya itu menyebabkan ia bisa membawa orang-orang disekelilingnya menjadi baik. Jadi dosa-dosa kalian jangan kalian takuti, tapi cobalah belajar dari kesalahan tersebut agar menjadi hikmah dihidupmu dan di hidup lingkunganmu. Bukankah salah satu tanda-tanda orang yang terbaik dan beruntung adalah orang-orang yang bertobat.

Allah cinta dengan orang-orang yang bertobat. Jadi dosa-dosamu itu berkah guys.. karena bisa bikin kamu bertobat dengan sungguh-sungguh. Semoga Allah jadikan kita hamba-hamba yang bertobat dan di jadikan salah satu golongan kanan di akhirat kelak, aamiin ya Rabb... doain saya juga ya kawan^_^

5. Aku takut dengan....

(Isi aja deh sendiri ya... dan pastikan kamu bisa cari berkahnya dari ketakutan2mu dan traumamu itu... Paranoid mu itu berkah dan rahmat guys..)

Selamat sukses untukmu menaklukkan rasa takut hingga menjadi berkah ♡♡