Cara Mudah Sedekah

Mudah banget kalau ada niat pengen sedekah, tapi gak bisa seperti para ahli sedekah yang berpuluh-puluh juta setiap minggunya bersedekah.

Caranya mudah saja, cari di tiga hal yaitu : cari di sesuatu yang termudah , cari di sekitar kita dan cari sekarang juga.

1.  Beri makan semut
Pernah suatu waktu, saat lagi stok persediaan makanan habis, sedangkan waktu gajian masih lama, tinggal sendirian juga karena merantau.
Maka terpikir buat sedekah. Mulai dari yg termudah.
Lihat kanan kiri, ada sisa botol madu persediaan untuk vitamin.
Lalu beri makan semut-semut di sekitar dengan madu tersebut, sambil diajak ngomong, "semut, doain aku ya biar dapat rejeki, ini kubagiin sedikit rejeki buat kamu"

Gak lama, ada aja rejeki datang setelah itu.

2. Beri makan anjing / kucing
Setiap dapat rejeki, atau saat ke pasar, coba beli 1 kilo ikan segar, ikan kecil-kecil. Dari ikan layang, ikan selangat, ikan sarden atau ikan lainnya. Selama perjalanan dari pasar menuju rumah, sebar deh ikan-ikan itu. Dibanding ngeliatin kucing-kucing melamun didepan rumput yg bergoyang, khan asyik juga kalau liat mereka lahap makan makanan enak ;)

Atau yang termudah, saat nginap di hotel atau sedang ikut pelatihan, ambil saja bagian makan kita sedikit untuk kucing-kucing/ anjing-anjing di sekitar hotel atau tempat pelatihan kita di restoran tempat kita makan, biar sedikit, tapi sering kita ngasihnya. Teramat berarti buat mereka, makhluk-makhluk Allah. Setiap yang bernyawa ada pahala didalamnya. Jadi jangan sia-siakan meski hanya memberi makanan kepada mereka.

3. Masak sayur dilebihin kuahnya
Kalau masak sayur, jangan dikit. Lebihin kuahnya, lebihin isinya.
Bagi deh sama tetangga terdekat, makin menyenangkan hidup. Karena gak bikin tetangga ngiler juga saat kita masak, kecium bau wanginya, hehehe.

4. Kembalian gak usah diambil
Kalau bayar parkir atau bayar sama ibu-ibu tukang jualan, sengaja aja lebihin uangnya. Trus ntr endingnya. Bilang aja, kembaliannya buat ibu / bapak aja, bahagia pisan ngasih kejutan indah sama orang lain, rasanya menenangkan.

5. Masak makanan favorit utk org2 yg disayang
Kalau keingat orang-orang yang pernah bantu hidup kita, pengen banget balas jasanya. Meski dengan doa setiap hari juga berarti untuknya, ngasih tahu kalau kita berterima kasih padanya pun layak buat kita lakuin. Yaitu dengan masakin makanan buat org-orang yg kita sayang.
Ngeliat wajahnya nerima masakan kita, terasa nyess hati. Bahagia tak terkira. Mungkin masakan kita belum mampu membalas jasa2 baiknya, namun melihat senyumnya menerima masakan kita, bikin kaya diguyur bunga mawar, wangi dan segar, hehehe.

6. Kasih kejutan kecil dengan bawakan kue / makanan
Setiap pagi, paling asyik menyusuri kota. Lihat isi dompet, sisa seadanya. Udah geber aja. Beliin nasi bungkus. Lalu menyebarlah. Bagiin sama para pejuang pagi. Para penyapu jalanan, anak sekolahan, ibu2 ke pasar, karyawan kantor, kuli bangunan atau pembersih masjid. Kalau kerennya lagi, beliin roti / pisang goreng untuk teman2 kampus / kantor.
Ajib bener. Keingat bener, sama pimpinan kantor dulu bekerja, beliau selalu setiap hari bawa makanan. Keren banget ibunya. Baik pisan. Meski beliau sudah meninggal, tapi selalu berbekas kebaikan hatinya, Semoga Allah memasukkan beliau ke dalam surga terindahnya tanpa hisab aamiin ya Rabb..

7. Beli kurma yang banyak
Musim bulan ramadhan sering yg ginian atau pas saat di mekkah maupun di madinah, saat masuk masjid pasti ada aja orang2 baik yg bagiin kurma dengan gratis. Nah, dibanding nungguin musim ramadhan atau pas mau umroh/naik haji, gimana pas lagi mau sholat aja, coba bagi-bagiin kurma di masjid. Kalau yg cowok bisa nyoba di shaf cowok pas sholat jumat, kalau yang cewek bisa nyoba pas sholat zuhur atau magrib di masjid. Semakin berkah jika senang buat berbagi.

8. Bantu orang lain yang kesusahan
Gak punya uang, bukan berarti gak bisa bantu orang lain apalagi gak bisa buat bersedekah.
Selama masih sehat, membantu dengan tenaga dan pikiran juga bagus buat orang lain. Misalnya, yang pinter bikin makalah, bisa bantu teman2nya bikin makalah dengan mudah begitu juga jika ada yang pinter statistik, membantu teman2nya mengerjakan statistik.
Ilmu gak akan tercuri, ilmupun tak akan habis jika dibagi, karena berbagi ilmu membuat makin bertambah pengetahuan satu sama lain. Jangan takut miskin ilmu, gak bakalan jadi miskin dengan berbagi ilmu, tenaga dan pikiran , malah makin cerdas kedepannya menghadapi tantangan-tantangan hidup ^_^

9. Senyum dong
Pernah suatu waktu, aku ketemu sama orang yang suka senyum. Waktu itu lagi badmood, tapi saat ketemu beliau yang melambungkan senyum manisnya. Perasaan langsung berubah. Kemudian ceria lagi. Ajaibnya kekuatan sebuah senyum. Jangan sepelekan hal tersebut ya.
Senyum kita kepada saudara kita akan bikin menyenangkan hatinya. Bikin orang lain senang itu berpahala loh.. jadi banyakin senyum manisnya ya , tapi jangan keseringan senyum2 sendiri ya.. hehehe

10. Doakan orang lain tanpa sepengetahuannya
Ini sesi yang paling aku suka.
Sedekah termudah tapi timbal baliknya super dasyat buat hidup kita.
Soalnya, saat kita mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya maka akan ada
Malaikat yang mengaminkan doa-doa kita untuknya dan untuk kita.
Doa diam-diam ini adalah salah satu doa mustajab yang cepat terkabulnya.
Makanya, aku paling suka bagian ini,
Paling mudah. Paling nyenengin hati.
Merindukan mereka dengan doa
Mencintai dengan rahasia
Hanya Aku dan Allah saja yang tahu,
Keren ya.. kira-kira kamu suka juga gak bagian ini?hehe
Ternyata sedekah itu amalan termudah yang ada di dunia ini...